Evaluasi Dampak Pengembangan Kawasan Bumiaji Berbasis Agroindustri Menuju Terwujudnya Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup (Kajian Sustainable Development Berwawasan Lingkungan Pada Kantor Lingkungan Hi

Timumun,WidiCitraPribadiPamungkas (2012) Evaluasi Dampak Pengembangan Kawasan Bumiaji Berbasis Agroindustri Menuju Terwujudnya Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup (Kajian Sustainable Development Berwawasan Lingkungan Pada Kantor Lingkungan Hi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Agroindustri sebagai kegiatan industri pertanian sangat diharapkan dapat memberi nilai tambah pada produk pertanian. Pengembangan agroindustri sebagai pilihan model modernisasi pedesaan haruslah dapat meningkatkan kesempatan kerja, pendapatan petani dan memperhatikan aspek pelestarian lingkungan. Salah satu wilayah yang terkenal sebagai sentra agroindustri adalah Kota Batu, yang memiliki peran strategis dalam pengembangan kawasan dengan basis agroindustri terdapat di kecamatan Bumiaji. kecamatan Bumiaji merupakan salah satu sentra agroindustri apel dengan berbagai produk-produk olahannya. Dengan berkembangnya kecamatan Bumiaji sebagai kawasan berbasis agroindustri memang memiliki keunggulan tersendiri yaitu meningkatnya perekenomian dan kesejahteraan hidup masyarakatnya, namun efek negatif yang ditimbulkan juga tak kalah unggulnya yaitu bertambah luasnya lahan kritis akibat alih fungsi hutan dan lahan secara besar-besaran serta penurunan jumlah dan kualitas sumber air. Kedua efek tersebut masih di tambah lagi dengan tingkat pencemaran udara, tanah, dan produk buah serta sayuran akibat dari kontaminasi penggunaan pestisida yang berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana proses dan dampak pengembangan kawasan berbasis agroindustri di Kecamatan Bumiaji, serta untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terwujudnya upaya pelestarian lingkungan hidup yang berkelanjutan di wilayah agroindustri Bumiaji. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mempermudah peneliti dalam melaksanakan penelitian, dilakukan metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan pemanfaatan data sekunder sebagai pendukung informasi. Data-data tersebut dianalisis secara deskriptif dan setelah data terkumpul dilakukan proses reduksi data, penyajian data yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pengembangan kawasan berbasis agroindustri di kecamatan Bumiaji merupakan kegiatan yang legal formal dan telah dilaksanakan secara baik oleh pemerintah daerah. Jika melihat dari dampaknya, maka dampak terhadap masyarakat serta sistem sosial dan organisasional bisa dikatakan positif, namun dampaknya terhadap lingkungan cenderung negatif yang terbukti dengan tingkat pencemaran lingkungan yang masih tinggi. Secara umum, faktor yang berperan dalam mewujudkan upaya pelestarian lingkungan hidup di wilayah agroindustri Bumiaji adalah peraturan yang memadai, ketersediaan SDM dan SDA berkualitas dalam jumlah yang cukup, serta faktor pendampingan dan pendanaan yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/233/051202200
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jun 2012 08:32
Last Modified: 22 Oct 2021 03:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115338
[thumbnail of 051202200.pdf]
Preview
Text
051202200.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item