Akuntabilitas Administrasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Dalam Meningkatkan Kualitas Sarana Dan Prasarana Sekolah (Studi Pada Proses Pelaporan Pertanggungjawaban Dana Bos Di Sd Negeri Ii Ngad

Ratmoko,AlvianPrio (2012) Akuntabilitas Administrasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Dalam Meningkatkan Kualitas Sarana Dan Prasarana Sekolah (Studi Pada Proses Pelaporan Pertanggungjawaban Dana Bos Di Sd Negeri Ii Ngad. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar untuk mengetahui bentuk akuntabilitas administrasi yang dilakukan oleh SD Negeri II Ngadiluwih dan SD Negeri II Purwokerto, Kabupaten Kediri. Hal ini dikarenakan bahwa laporan pertanggungjawaban dana BOS menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pihak Sekolah. Namun dalam proses akuntabilitas administrasi antara lain masih kurangnya transparansi pada laporan dana BOS dan peran masyarakat untuk ikut mengawasi pengelolaan dan pelaporan dana BOS. Sehingga dalam penggunaan dana BOS diperlukan juga pelaporan yang accountable dimana transparansi dan peran stakeholder dapat dimaksimalkan di SD Negeri II Ngadiluwih dan SD Negeri II Purwokerto. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah bentuk akuntabilitas administrasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam meningkatkan kualitas sarana dan prasarana sekolah di SD Negeri II Ngadiluwih dan SD Negeri II Purwokerto, Kabupaten Kediri? dan 2) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat akuntabilitas dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri II Ngadiluwih dan SD Negeri II Purwokerto, Kabupaten Kediri?. Beberapa teori yang digunakan sebagai dasar pembahasan dari penelitian ini adalah : (1) Teori Good Governance dan (2) Akuntabilitas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian akuntabilitas dana BOS dalam meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang meliputi (1) jenis dan proses akuntabilitas dana BOS, pihak pengelola, peran stakeholder , dan hasil akuntabilitas (2) apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dalam akuntabilitas dana BOS (internal dan eksternal). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa akuntabilitas dana BOS yang disusun oleh SD Negeri II Ngadiluwih dan SD Negeri II Purwokerto bisa dikatakan berbeda karena terdapat beberapa aspek yang tidak sama dalam elemen akuntabilitas. Permasalahan transparansi dan keaktifan pihak yang berkepentingan yang masih kurang menyebabkan laporan dana BOS masih berindikasikan adanya manipulasi data penyusunannya. Meskipun begitu hasil dari akuntabilitas administrasi bisa dirasakan dengan adanya perbaikan sarana dan prasarana sekolah yang menunjang proses belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/230/051202052
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jun 2012 10:49
Last Modified: 22 Oct 2021 03:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115335
[thumbnail of 051202052.pdf]
Preview
Text
051202052.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item