Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survai Pada Konsumen Produk Merek Yamaha Yang Melakukan Pembelian Di Pt. Roda Sakti Surya Raya Kot

Fajrianti,NurAfni (2012) Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survai Pada Konsumen Produk Merek Yamaha Yang Melakukan Pembelian Di Pt. Roda Sakti Surya Raya Kot. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi semakin ketatnya persaingan yang membuat perusahaan PT. Roda Sakti Surya Raya Malang menggunakan berbagai strategi dan berusaha mendapatkan dan mempertahankan konsumen agar tetap menjadi pelanggannya. Para pemasar menyadari dalam persaingan yang semakin ketat dan untuk mencapai laba, mempertahankan kontinuitas perusahaan, mereka harus menciptakan strategi agar kontinuitas perusahaan tetap terjaga. Salah satu strategi yang berkembang adalah Advertising. Advertising merupakan salah satu alat promosi yang dapat mempengaruhi mindset konsumen terhadap ekuitas merek, sehingga dapat menarik perhatian serta menimbulkan rasa suka konsumen terhadap produk dan pada akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Untuk itulah Perusahaan PT. Roda Sakti Surya Raya Malang menggunakan program Advertising (X) untuk meningkatkan Pembentukan Brand Awareness (Z) dan Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah explanatory research serta metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Penelitian tersebut digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari Advertisng (X) sebagai variabel eksogen dengan Brand Awareness (Z) dan Keputusan Pembelian sebagai variabel endogen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 116 konsumen PT. Roda Sakti Surya Raya Malang. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang digunakan untuk mengetahui unsur-unsur variabel Advertising , Brand Awareness dan Keputusan Pembelian di PT. Roda Sakti Surya Raya Malang. Langkah yang diambil yaitu dengan cara tabulasi skor hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata skor variabel sehingga dapat diketahui seberapa jauh Advertising serta seberapa tinggi Brand Awareness dan Keputusan Pembelian pada tingkat signifikansi < 0,05% dan Data diolah menggunakan komputer program SPSS 13 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Advertising (X) berpengaruh terhadap Pembentukan Brand Awareness (Z) sebesar 0,880, kemudian Brand Awareness (Z) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,466, dan Advertising (X) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,509. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Advertising (X) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Awareness baik secara langsung maupun tidak langsung. ii Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Advertising (X) terhadap Pembentukan Brand Awareness (Z) dan Keputusan Pembelian (Y). Secara keseluruhan variabel Advertising (X) yang diterapkan di PT. Roda Sakti Surya Raya Malang sudah baik, namun hendaknya lebih meningkatkan program Advertising dengan program yang lebih menarik dan menggunakan media yang lebih tepat guna meningkatkan Brand Awareness serta Keputusan Pembelian Konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/218/051202040
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jun 2012 14:26
Last Modified: 22 Oct 2021 03:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115322
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._TANDA_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
3._TANDA_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
7._RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7b._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7b._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
8._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item