Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Minyak Goreng Filma Di Hypermart Matos Malang)

Rifa`i,Agus (2012) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Minyak Goreng Filma Di Hypermart Matos Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minyak goreng merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok yang dibutuhkan oleh manusia dan dikonsumsi oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia baik yang berada di perkotaan maupun pedesaan. Penelitian ini memiliki latar belakang pemilihan atribut produk minyak goreng Filma dalam mempertimbangkan keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel atribut produk yang terdiri dari Kemasan, Merek, Harga, dan Kualitas baik secara bersama-sama maupun parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian, serta mengetahui variabel mana (Kemasan, Merek, Harga, dan Kualitas) yang memiliki pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan p endekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di hypermart Matos Malang. Sampel yang digunakan berjumlah 116 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling . Metode pengumpulan data kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis F dan uji hipotesisi t. Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabelvaael bebas meliputi Kemasan (X1), Merek (X2), Harga (X3), dan Kualitas (X4) berpengaruh terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 7,388 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05). Besarnya kontribusi dari keempat variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Struktur Keputusan Pembelian adalah 18,2%, sedangkan sisanya 81,85 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa secara sendiri-sendiri (parsial) keempat variabel bebas yang meliputi Kemasan (X1), Merek (X2), Harga (X3), dan Kualitas (X4) tidak semuanya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel Harga (X3) memiliki pengaruh dominan terhadap Struktur

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/215/051201947
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jun 2012 11:44
Last Modified: 22 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115319
[thumbnail of 051201947.pdf]
Preview
Text
051201947.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item