Permatasari,GaluhIntan (2012) Pengaruh Iklan Terhadap Perilaku Brand Switching (Survei Pada Mahasiswi Pada Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2008/2009 Dan 2009/2010 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Iklan Televisi , yang terdiri dari Isi Pesan (X1), Struktur Pesan (X2), Format Pesan (X3), dan Sumber Pesan (X4) secara simultan dan parsial terhadap Perilaku Brand Switching (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 112 orang responden yang merupakan Mahasiswi yang Beralih ke Shampoo Pentene padaJurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2008/2009 dan 2009/2010 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi linier parsial. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling . Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Isi Pesan (X1), Struktur Pesan (X2), Format Pesan (X3), dan Sumber Pesan (X4) secara bersama-sama atau simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Perilaku Brand Switching (Y) dengan nilai F hitung sebesar 29,071 dengan signifikansi F 0,000 (< α 0,05) dan nilai adjusted R square sebesar 0,503. Hal ini berarti kemampuan variabel-variabel Iklan Televisi memberikan kontribusi secara bersama-sama terhadap Perilaku Brand Switching sebesar 52,1% sedangkan sisanya sebesar 47,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel Isi Pesan (X1) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Perilaku Brand Switching (Y) yang ditunjukkan dengan koefisien regresi b sebesar 1,231, dengan nilai t hitung 8,986 dan sig. penelitian 0.000 < (α 0.05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1.) Ada pengaruh yang signifikan dari variabel Isi Pesan (X1), Struktur Pesan (X2), Format Pesan (X3), dan Sumber Pesan (X4) secara simultan terhadap Perilaku Brand Switching (Y). 2.) Variabel Isi Pesan (X1) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Perilaku Brand Switching (Y). Oleh karena itu, disarankan kepada produsen shampoo Pantene dapat mempertahankan serta meningkatkan Isi Pesan dalam iklan karena Isi Pesan memiliki daya tarik yang memotivasi peralihan merek.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/210/051201942 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 27 Jun 2012 11:53 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115314 |
Preview |
Text
051201942.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |