Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Prestasi Kerja Pegawai (Studi di Dinas Komunikasi, Informasi dan Pariwisata Daerah Kota Blitar)

Kartikasari, Meiliana (2012) Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Prestasi Kerja Pegawai (Studi di Dinas Komunikasi, Informasi dan Pariwisata Daerah Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Organisasi di samping memiliki sistem, juga sangat memerlukan gaya kepemimpinan yang tepat. Tanpa adanya gaya kepemimpinan yang baik dapat menimbulkan ketidak nyamanan dalam bekerja, serta tidak tercapainya tujuan organisasi. Oleh karenanya, gaya kepemimpinan yang tepat sangat penting guna menghasilkan kinerja yang tinggi sehingga menghasilkan prestasi kerja yang baik. Hasil prestasi kerja yang baik, dengan menggunakan gaya kepemimpinan, dapat memberikan kontribusi terbaik bagi organisasi. Berangkat dari hal di atas, penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap prestasi kerja pegawai. Penelitian ini menggunakan metode survai. Adapun sampel yang digunakan adalah pegawai tetap Dinas Komunikasi, Informasi dan Pariwisata Daerah Kota Blitar yang berjumlah 39 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 17 for windows . Hasil penelitian ini, yang menelaah Gaya kepemimpinan direktif, Gaya kepemimpinan suportif, Gaya Kepemimpinan partisipasif (X 1 ,X 2, dan X 3 ) sebagai variabel bebas, dan Prestasi Kerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat mengungkapkan adanya pengaruh yang kuat antara gaya kepemimpinan dengan prestasi kerja, dengan nilai R Square sebesar 0,885 persen yang berarti variabel bebas (Gaya kepemimpinan direktif, Gaya kepemimpinan suportif, Gaya Kepemimpinan partisipasif) memberikan pengaruh terhadap Prestasi Kerja pegawai sebesar 88,5 persen dimana sisanya sebesar 11,5 persen dipengaruhi oleh variabel lain diluar tiga variabel bebas yang diteliti. Kesimpulan yang didapatkan dari analisa di atas bahwa Gaya kepemimpinan direktif, Gaya kepemimpinan suportif, Gaya Kepemimpinan partisipasif memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi kerja pegawai, hal ini menunjukkan bahwa apabila implementasi Gaya kepemimpinan direktif, Gaya kepemimpinan suportif, Gaya Kepemimpinan partisipasif ditingkatkan maka prestasi kerja pegawai Dinas Komunikasi, Informasi dan Pariwisata Daerah Kota Blitar juga meningkat, begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/194/051201850
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jun 2012 14:45
Last Modified: 22 Oct 2021 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115297
[thumbnail of 051201850.pdf]
Preview
Text
051201850.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item