Pembangunan Sektor Pariwisata Dan Dampaknya Terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar (Studi Pada Obyek Wisata Alam Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek),

Rahmadaniari, NudyaRisma (2012) Pembangunan Sektor Pariwisata Dan Dampaknya Terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar (Studi Pada Obyek Wisata Alam Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan kepariwisataan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek meliputi sejumlah potensi pariwisata yang dianggap mempunyai prospek yang menjanjikan. Pembangunan memiliki makna yaitu usaha sadar, terencana dan terus menerus yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya yang dimiliki. Pembangunan pariwisata adalah upaya untuk mengembangkan dan memanfaatkan daya tarik wisata, yang terwujud antara lain dalam bentuk kekayaan alam yang indah, keragaman flora dan fauna, kemajemukan tradisi dan seni budaya serta peninggalan sejarah dan purbakala. Kunjungan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara, cepat atau lambat akan membawa dampak atau pengaruh yang kuat baik positif maupun negatif, secara langsung mapun tidak langsung terhadap kebudayaan, ekonomi, dan lingkungan sosial masyarakat setempat. Dalam skripsi ini rumusan masalah yang diambil adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembangunan sektor pariwisata di obyek wisata alam Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaimanakah dampak yang ditimbulkan dengan adanya pembangunan pariwisata di obyek wisata alam Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat? (3) Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pembangunan sektor pariwisata di obyek wisata alam Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pelaksanaan pembangunan sektor pariwisata, dampak yang ditimbulkan, dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembangunan sektor pariwisata di obyek wisata alam Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara akademis dan praktis. Dalam tinjauan pustaka mengemukakan secara garis besar teortis yang menjadi dasar bagi penulis dalam memberikan alternatif solusi yang meliputi pengertian administrasi publik, administrasi pembangunan, pembangunan daerah, pengertian pariwisata, pembangunan pariwisata, dampak pembangunan pariwisata, dan perubahan soial ekonomi masyarkat sekitar. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mempermudah peneliti dalam melaksanakan penelitian digunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan pemanfaatan data sekunder sebagai pedukung informasi. Lokasi dan situs penelitian yang dipilih adalah obyek wisata Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/193/051201849
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jun 2012 13:57
Last Modified: 22 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115296
[thumbnail of 051201849.pdf]
Preview
Text
051201849.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item