Kualitas Pelayanan Publik Pada PT Pos Indonesia Kota Malang

Pradipta, Ratna (2012) Kualitas Pelayanan Publik Pada PT Pos Indonesia Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik merupakan sebuah tuntutan yang lahir dari masyarakat yang menuntut agar mereka mendapat hak dan perlakuan yang sama oleh negara dalam memperoleh segala jenis pelayanan. Pelayanan publik diartikan sebagai bentuk pengabdian yang dilakukan oleh instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah dan lingkungan BUMN/BUMD dalam bentuk barang dan atau jasa dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sejalan dengan upaya perbaikan terhadap pelayanan publik khususnya pada kualitas pelayanan jasa, diperlukan adanya suatu pengukuran kualitas dari pelayanan publik yang salah satunya adalah melalui penilaian berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) melalui pengguna pelayanan jasa yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur pelayanan pada Kantor Pos Indonesia Kota Malang dan mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan publik pada Kantor Pos Indonesia Kota Malang melalui pengukuran IKM. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pos Indonesia Pusat Kota Malang, Kantor Pos Cabang Brawijaya dan Kantor Pos Cabang Universitas Merdeka, dimana kantor pos pusat Kota Malang merupakan kantor pos selain banyak pengunjung yang datang, juga di karenakan kantor pos pusat Kota Malang merupakan induk dari cabang-cabang kantor pos Malang dan merupakan penyelenggara aktivitas pelayanan pos terlengkap. Sedangkan pada kantor pos cabang Brawijaya merupakan cabang pos yang paling banyak menyalurkan kiriman surat serta di kantor pos cabang Unmer yang merupakan penyalur jasa kiriman paket pos paling banyak di antara cabang pos lain. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pelayanan jasa yang dilakukan dapat dilihat melalui pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat. Analisis data penelitian ini termasuk analisis deskriptif dan Indeks Kepuasan Masyarakat yang pada penelitian ini terdiri dari 14 unsur IKM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Survei dilakukan dengan sampel yang diambil dari suatu populasi dan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpilan data utama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling insidental. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari prosedur pelayanan yang diterapkan pada kator pos Kota Malang sangat sederhana, tidak belit-belit dan memudahkan masyarakat untuk menggunakan pelayanan yang ada. Sedangkan untuk kualitas pelayanan publik pada PT Pos Indonesia Kota Malang termasuk dalam taraf yang memadai dan terbilang berkualitas dengan melihat 14 unsur-unsur yang diperoleh dari perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat yang terlihat hanya 1 unsur yang masih rendah atau kurang memadai dan 13 unsur yang telah memadai. Oleh karena itu, perlu adanya pembenahan terhadap 1 unsur yang kurang memadai karena unsur ini dinilai masyarakat kurang baik/kurang puas yaitu kepastian jadwal pelayanan, agar 1 unsur yang kurang ini dapat setara dengan unsur lainnya perlu dilakukan pembenahan guna memaksimalkan pelayanan. Sedangkan untuk 13 unsur yang sudah baik atau memadai minimal harus mempertahankan mutu pelayanannya bahkan diharapkan untuj meningkatkan mutu pelayanannya menjadi sangat puas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/176/051201771
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jun 2012 10:25
Last Modified: 22 Oct 2021 03:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115276
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of MOTTO.pdf]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TANDA_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
TANDA_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CURRICULUM_VITAE.pdf]
Preview
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item