Pradipta, Ratna (2012) Kualitas Pelayanan Publik Pada PT Pos Indonesia Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan publik merupakan sebuah tuntutan yang lahir dari masyarakat yang menuntut agar mereka mendapat hak dan perlakuan yang sama oleh negara dalam memperoleh segala jenis pelayanan. Pelayanan publik diartikan sebagai bentuk pengabdian yang dilakukan oleh instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah dan lingkungan BUMN/BUMD dalam bentuk barang dan atau jasa dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sejalan dengan upaya perbaikan terhadap pelayanan publik khususnya pada kualitas pelayanan jasa, diperlukan adanya suatu pengukuran kualitas dari pelayanan publik yang salah satunya adalah melalui penilaian berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) melalui pengguna pelayanan jasa yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur pelayanan pada Kantor Pos Indonesia Kota Malang dan mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan publik pada Kantor Pos Indonesia Kota Malang melalui pengukuran IKM. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pos Indonesia Pusat Kota Malang, Kantor Pos Cabang Brawijaya dan Kantor Pos Cabang Universitas Merdeka, dimana kantor pos pusat Kota Malang merupakan kantor pos selain banyak pengunjung yang datang, juga di karenakan kantor pos pusat Kota Malang merupakan induk dari cabang-cabang kantor pos Malang dan merupakan penyelenggara aktivitas pelayanan pos terlengkap. Sedangkan pada kantor pos cabang Brawijaya merupakan cabang pos yang paling banyak menyalurkan kiriman surat serta di kantor pos cabang Unmer yang merupakan penyalur jasa kiriman paket pos paling banyak di antara cabang pos lain. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pelayanan jasa yang dilakukan dapat dilihat melalui pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat. Analisis data penelitian ini termasuk analisis deskriptif dan Indeks Kepuasan Masyarakat yang pada penelitian ini terdiri dari 14 unsur IKM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Survei dilakukan dengan sampel yang diambil dari suatu populasi dan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpilan data utama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling insidental. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari prosedur pelayanan yang diterapkan pada kator pos Kota Malang sangat sederhana, tidak belit-belit dan memudahkan masyarakat untuk menggunakan pelayanan yang ada. Sedangkan untuk kualitas pelayanan publik pada PT Pos Indonesia Kota Malang termasuk dalam taraf yang memadai dan terbilang berkualitas dengan melihat 14 unsur-unsur yang diperoleh dari perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat yang terlihat hanya 1 unsur yang masih rendah atau kurang memadai dan 13 unsur yang telah memadai. Oleh karena itu, perlu adanya pembenahan terhadap 1 unsur yang kurang memadai karena unsur ini dinilai masyarakat kurang baik/kurang puas yaitu kepastian jadwal pelayanan, agar 1 unsur yang kurang ini dapat setara dengan unsur lainnya perlu dilakukan pembenahan guna memaksimalkan pelayanan. Sedangkan untuk 13 unsur yang sudah baik atau memadai minimal harus mempertahankan mutu pelayanannya bahkan diharapkan untuj meningkatkan mutu pelayanannya menjadi sangat puas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/176/051201771 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 19 Jun 2012 10:25 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115276 |
Preview |
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
MOTTO.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
TANDA_PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_3.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_4.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |