Inovasi Layanan Sektor Publik Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kesehatan (Studi pada Puskesmas Mapurujaya, Kabupaten Mimika).

Herwanto, Yudhi (2012) Inovasi Layanan Sektor Publik Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kesehatan (Studi pada Puskesmas Mapurujaya, Kabupaten Mimika). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inovasi di sektor publik memang kurang berkembang daripada sektor bisnis. Kurang berkembangnya inovasi dalam sektor publik dikarenakan karakteristik dari sistem di sektor publik yang kaku dan cenderung status-quo. Inovasi sebenarnya berperan sangat penting untuk mengatasi kemacetan dan kebuntuan organisasi di sektor publik. Oleh karena itu inovasi yang biasanya hanya akrab di lingkungan dinamis seperti di sektor bisnis, perlahan harus mulai disuntikkan ke lingkungan sektor publik. Inovasi layanan di sektor publik memang begitu penting untuk segera dilaksanakan seiring dengan kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang berkualitas. Bahkan berbagai daerah di Indonesia seakan berbondong-bondong untuk melakukan sebuah inovasi terutama di sektor kesehatan yang menjadi tuntutan dasar dari kebutuhan masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Pemerintah Kabupaten Mimika, khususnya terkait inovasi pelayanan kesehatan yang dilakukan di Puskesmas Mapurujaya. Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana kualitas pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Mapurujaya, serta bagaimanakah inovasi layanan sektor publik yang dilakukan di Puskesmas Mapurujaya dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan, ditambah lagi apakah faktor pendukung dan penghambat pengembangan inovasi sektor publik di Puskesmas Mapurujaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan kesehatan dan bentuk-bentuk inovasi layanan sektor publik yang dilakukan oleh Puskesmas Mapurujaya. Dalam mengadakan penelitian, peneliti menggunakan beberapa teori seperti tipologi inovasi sektor publik, faktor yang mempengaruhi pengembangan inovasi pelayanan, kualitas pelayanan publik, standar pelayanan minimal dan beberapa peraturan pemerintah yang menjelaskan tentang pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder; teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan kuisioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu peneliti sendiri, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan perangkat penunjang. Teknik analisis data menggunakan analisis menurut Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari dilakukannya penelitian dapat dilihat bahwa program Basic Six PKM + 10 Inovatif merupakan bentuk inovasi layanan yang dilakukan oleh Puskesmas Mapurujaya. Puskesmas Mapurujaya selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dasar yang diinginkan oleh masyarakat. Setelah kebutuhan kesehatan dasar yang ada pada program Basic six PKM tersebut terpenuhi , barulah Puskesmas Mapurujaya menjalankan program 10 Inovatif untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan prima . Sayangnya untuk saat ini Puskesmas Mapurujaya baru bisa menjalankan 6 program inovasi dari 10 program inovasi yang ditetapkan. Namun demikian tindak lanjut sinkronisasi di lapangan menemui berbagai macam masalah, diantaranya suplay dana yang sering terlambat turun sehingga menjadi faktor penghambat dalam mengembangkan layanan kesehatan. Ditambah lagi perilaku negatif dari masyarakat sekitar puskesmas yang mengesampingkan kesehatan dalam aktifitas rutinnya menyebabkan program yang dijalankan puskesmas menjadi kurang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa program Basic Six PKM + 10 Inovatif yang merupakan suatu bentuk program inovasi layanan yang dilakukan oleh Puskesmas Mapurujaya sudah cukup baik dalam hal kualitas dan implementasi. Hal ini didukung dengan survei terakhir yang dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ada di Puskesmas Mapurujaya. Sebagian besar masyarakat yang berkunjung di Puskesmas Mapurujaya merasa cukup puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan petugas. Namun tentunya masih ada hal yang harus ditingkatkan yaitu terkait masalah sarana dan prasarana yang tersedia di Puskesmas Mapurujaya, beberapa sarana dan prasarana yang ada terkadang sangat terbatas fungsinya. Hal ini seharusnya mendapatkan perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Mimika sehingga pelayanan kesehatan dapat dirasakan dampaknya di kalangan masyarakat secara maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/165/051201760
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jun 2012 13:57
Last Modified: 22 Oct 2021 03:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115264
[thumbnail of 051201760.pdf]
Preview
Text
051201760.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item