Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan yang diberikan Oleh Puskesmas (Studi pada Puskesmas Kecamatan Lamongan, KabupatenLamongan)

Putri, NurdianaEka (2012) Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan yang diberikan Oleh Puskesmas (Studi pada Puskesmas Kecamatan Lamongan, KabupatenLamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini berkenaan dengan hak asasi setiap manusia untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan sebagaimana tertuang dalam UUD 1945 pasal 28 H ayat (1) yang berbunyi " setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh kesehatan" . Pasal 34 ayat (3) menjelaskan bahwa " Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas umum yang layak ". Karena itu penyelenggara Negara berkewajiban untuk menyediakan pelayanan publik terkait dengan kesehatan untuk kesejahteraan masyarakat. Salah satu fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat yang strategis di Indonesia adalah Puskesmas. Pelayanan kesehatan di puskesmas yang mudah dijangkau masyarakat menjadikan puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan yang utama bagi masyarakat. Namun banyak diantara masyarakat yang beralih pada pelayanan kesehatan dengan dokter praktek maupun rumah sakit swasta disekitarnya. Bagaimana persepsi masyarakat tentang pelayanan di puskesmas dan bagaimana penyelenggaraan kesehatan yang diberikan menjadi issue menarik dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang kualitas pelayanan dan penyelenggaraan pelayanan kesehatan di puskesmas Kecamatan Lamongan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah "Purposive Sampling" untuk menentukan situasi dan informan awal. Dan selanjutnya menggunkan metode "jenuh" yakni berasal dari situasi dan infromasi awal yang akan berhenti apabila telah mendapatkan data represntatf dan data. Hasil penelitian ini adalah bahwa sebagian besar persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Lamongan cukup baik. Masyarakat masih menggunakan puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan walaupun di wilayah sekitar puskesmas telah banyak sarana kesehatan lainnya. Selain itu penyelenggaraan pelayanan yang ada di Puskesmas Lamongan dinilai masyarakat sudah cukup baik walaupun terkadang ada beberapa hal yang masih kurang misalnya terkadang terdapat keterlambatan poli untuk mengawali pemeriksaan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Dengan terselenggaranya pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan yang memadai maka dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang disediakan untuk masyarakat. Penelitian ini menyarankan agar kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat di puskesmas Kecamatan Lamongan dapat terus ditingkatkan sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Dengan demikian maka amanat UUD pasal 28 ayat 1 dan UUD pasal 34 ayat 3 sebagaimana tersebut di atas dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/138/051201616
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Jun 2012 13:59
Last Modified: 22 Oct 2021 02:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115234
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN_ORISINIL_&_SURAT_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN_ORISINIL_&_SURAT_PENELITIAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of UCAPAN_TERIMA_KASIH.pdf]
Preview
Text
UCAPAN_TERIMA_KASIH.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SUMMARY.pdf]
Preview
Text
SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_1.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_2.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_3.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_4_&_5.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_4_&_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CURRICULUM_VITAE.pdf]
Preview
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item