Analisis perbedaan Prestasi Kerja Karyawan Outsourcing dan Karyawan Tetap (Studi pada Karyawan PT. Bank Jatim (Persero)Cabang Malang)

Meirantika, SuciDwi (2012) Analisis perbedaan Prestasi Kerja Karyawan Outsourcing dan Karyawan Tetap (Studi pada Karyawan PT. Bank Jatim (Persero)Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul “ Analisis perbedaan Prestasi Kerja Karyawan Outsourcing dan Karyawan Tetap (Studi pada Karyawan PT. Bank Jatim (Persero) Cabang Malang )” ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi kerja yang terdiri dari kualitas, kuantitas, dan ketepatan waktu kerja karyawan PT. Bank Jatim (Persero) Cabang Malang. Latar belakang dari peneliltian ini melihat bahwa terjadi perbedaan ikatan kerja antara karyawan outsourcing dan karyawan tetap yang akan membuat perbedaan pada prestasi kerjanya. Dan karyawan outsourcing mempunyai dorongan besar untuk berprestasi kerja lebih baik dikarenakan kontrak kerja yang tidak pasti dan keinginan untuk diangkat menjadi karyawan tetap. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 143 orang yang terdiri dari 89 karyawan tetap dan 54 karyawan outsourcing dari PT. Bank Jatim (Persero) Cabang Malang, dengan jumlah sampel 59 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah teknik pengambilan sampel simple random sampling . Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t. Dalam menganalisis digunakan program SPSS versi 13.0 for windows . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata prestasi kerja karyawan outsourcing sebesar 54,05 sedangkan rata-rata prestasi kerja karyawan tetap sebesar 50,49. Melalui uji t antara Prestasi Kerja Karyawan Outsourcing dengan Prestasi Kerja Karyawan Tetap dapat diketahui bahwa t hitung sebesar 2,177 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 2,003 atau nilai sig. sebesar 0,032 lebih kecil dibandingkan α sebesar 0,05. Maka H 0 ditolak dan H 1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan dengan taraf gnifikan pada 0,05 antara Prestasi Kerja Karyawan Outsourcing dengan Prestasi Kerja Karyawan Tetap. Dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan data sekunder, yaitu data perusahaan dari pihak PT. Bank Jatim Cabang Malang atas prestasi kerja karyawannya. Melainkan hanya menggunakan penilaian berdasarkan teori dari literatur yang ada. Sehingga masih terdapat keterbatasan dalam hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini dengan pertimbangan variabel-variabel lainnya. Mengingat variabel yang diteliti merupakan hal yang sangat penting dalam mempengaruhi prestasi kerja. Selain itu diharapkan peneliti selanjutnya untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang menjadi penilaian di dalam perusahaan tempat bekerja serta perusahaan outsourcing .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/132/051201610
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Jun 2012 11:47
Last Modified: 22 Oct 2021 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115228
[thumbnail of 051201610.pdf]
Preview
Text
051201610.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item