Pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat (studi Pabrik Gula (PG) Krebet Baru Kabupaten Malang).

Kristanti, Hety (2012) Pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat (studi Pabrik Gula (PG) Krebet Baru Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan mempunyai peranan dalam pembangunan suatu negara, salah satu peranannnya adalah melalui tanggung jawab sosial kepada masyarakat atau dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR). Di dalam perusahaan Badan Umum Milik Negara (BUMN) tanggung jawab sosial disebut dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Salah satu perusahaan BUMN yang melaksanakan PKBL adalah PG Krebet Baru. Penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan di PG Krebet Baru dalam pemberdayaan masyarakat. Dari dua program tersebut untuk program kemitraan fokusnya adalah proses penjaringan sasaran target, penyaluran alokasi dana, pembinaan dan pengawasan sedangkan program bina lingkungan fokusnya adalah proses penjaringan sasaran target dan penyaluran alokasi dana. Selain itu juga menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dari dua program tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam program kemitraan dan bina lingkungan proses penjaringan sasaran target melalui beberapa tahapan yaitu pengajuan proposal,penyeleksian dan tahap persetujuan dimana sasaran target untuk program kemitraan adalah usaha kecil dan bina lingkungan adalah masyarakat sekitar. Pengalokasian dana untuk program ini setiap tahun selalu berbeda tergantung dari laba bersih perusahaan dimana alokasinya adalah 1% . Untuk pembinaan program kemitraan bentuknya adalah dengan memberikan pembinaan keterampilan, mempromosikan hasil produksi dan pelatihan kewirausahaan. Pengawasan yang dilakukan untuk program kemitraan kepada mitra binaannya dengan melihat kondisi mitra binaan secara langsung dan laporan evaluasi. Dari faktor pendukung program kemitraan dan bina lingkungan adalah komitmen dari perusahaan untuk terus melaksanakan program ini sebagai bentuk tanggungjawab perusahan sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan dana dari laba bersih yang dimiliki. Berdasarkan hasil penelitian tersebut komitmen PG Krebet Baru untuk melaksanakan program kemitraan dan bina lingkungan harus terus ditingkatkan untuk pemberdayaan masyarakat terutama masyarakat sekitar dengan pengalokasian dana setiap tahunnya dan terus memberikan pembinaan secara rutin kepada mitra binaan dalam program kemitraan. Oleh karena itu harus terjalin kerjasama yang baik antara PG Krebet Baru dengan masyarakat dan usaha kecil sehingga saling menguntungkan dan tujuan program ini dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/125/051201488
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Jun 2012 12:23
Last Modified: 22 Oct 2021 02:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115220
[thumbnail of 051201488.pdf]
Preview
Text
051201488.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item