Sistem Akuntansi Penjualan Kredit Dan Penerimaan Kas Dalam Mencapai Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Pada Pt. Rodasurya Pahlawan Probolinggo)

Iroe,RistaNurcahyani (2012) Sistem Akuntansi Penjualan Kredit Dan Penerimaan Kas Dalam Mencapai Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Pada Pt. Rodasurya Pahlawan Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya membutuhkan suatu sistem guna mengatur jalannya aktivitas. Bagi perusahaan dagang, yang selalu berkecimpung dengan usaha penjualan baik tunai maupun kredit, aktivitas yang sering dilakukan adalah aktivitas yang berhubungan dengan penjualan dan penerimaan kas perusahaan. Sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas dalam perusahaan sangat penting, maka hal tersebut perlu diatur sedemikian rupa sehingga dapat menunjang pengendalian intern perusahaan dan dapat memberikan manfaat berupa efisiensi dan efektivitas. PT. Rodasurya Pahlawan adalah dealer motor yang aktivitas rutinnya berhubungan dengan penjualan motor baik tunai maupun kredit dan penjualan suku cadang motor. PT. Rodasurya seharusnya menerapkan sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas yang baik guna mendukung pengendalin intern perusahaan, namun pengendalian intern yang di laksanakan oleh perusahaan masih belum diterapkan sebagaimana mestinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sistem akuntansi penjualan kredit dan penerimaan kas yang dilakukan oleh PT. Rodasurya Pahlawan Probolinggo serta mendeskripsikan sistem akuntansi penjualan kredit dan penerimaan kas sudah memenuhi pengendalian intern perusahaan atau belum. Penelitian dengan judul “Sistem Akuntansi Penjualan Kredit dan Penerimaan Kas dalam Mencapai Pengendalian Intern Perusahaan” (Studi Pada PT. Rodasurya Pahlawan Probolinggo). Jenis Penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Analisa yang digunakan adalah menganalisa penerapan sistem pengendalian intern yang baik, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, praktik yang sehat serta pegawai yang cakap. Hasil penelitiannya adalah masih terdapat beberapa kelemahan dalam sistem akuntansi penjualan kredit dan penerimaaan kas yang diterapkan oleh PT. Rodasurya Pahlawan Probolinggo. Kelemahan tersebut antara lain masih terdapat perangkapan fungsi, tidak adanya otorisasi pada bagian penjualan, kuitansi pembayaran tidak mencantumkan nama perusahaan, namun pada elemen pengendalian intern pegawai yang cakap, PT. Rodasurya Pahlawan telah memiliki pegawai yang cakap. Saran yang diberikan peneliti antara lain dibentuknya fungsi gudang, membuat kuitansi pembayaran yang mencantumkan nama perusahaan, membuat faktur penjualan, mengenai pegawai yang cakap PT. Rodasurya sebaiknya mengirimkan pegawai untuk mengikuti pelatihan supaya lebih meningkatkan kinerja pegawai dan memajukan perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/117/051201421
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jun 2012 11:34
Last Modified: 22 Oct 2021 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115211
[thumbnail of cover_revisi.pdf]
Preview
Text
cover_revisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tanda_pengesahan.pdf]
Preview
Text
Tanda_pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1_revisi_tgl_15_des.pdf]
Preview
Text
BAB_1_revisi_tgl_15_des.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item