Akuntabilitas Kantor Kecamatan Dalam Pelayanan E-Ktp : studi pada kantor kecamatan Lowokwaru kota NMalang.

Sulasmi,Hulfa (2012) Akuntabilitas Kantor Kecamatan Dalam Pelayanan E-Ktp : studi pada kantor kecamatan Lowokwaru kota NMalang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya akuntabilitas diharapkan dapat meningkatkan kinerja pegawai khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kewajiban yang harus dilaksanakan secara benar, baik dan mampu dipertanggungjawabkan. Prinsip akuntabilitas dalam mewujudkan Good Governance sangat penting diterapkan karena merupakan salah satu pengukuran kinerja untuk meningkatkan keefektifan pengukuran kinerja instansi pemerintah. Salah satu pelayanan yang ada di Kantor Kecamatan adalah pembuatan e-KTP. E-KTP atau KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan/pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan pelaksanaan akuntabilitas di Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dalam pelayanan e-KTP serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan akuntabilitas di Kantor Kecamatan Lowowaru Kota Malang dalam pelayanan e-KTP. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitiannya pada Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sedangkan untuk tekhnik pengumpulan datanya meliputi wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini memperlihatkan bahwa Akuntabilitas yang dilaksanakan oleh Kantor Kecamatan Lowokwaru dalam pelayanan e-KTP sudah berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari Akuntabilitas proses yang dilakukan oleh kantor Kecamatan Lowokwaru sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini ditentukan dari keberhasilan pencapaian atas beberapa indikator dari akuntabilitas proses pelayanan e-KTP yaitu: Mekanisme, Prosedur, Kepastian waktu, Ekonomis. Sedangkan untuk pelayanan e-KTP itu sendiri adalah: Jenis pelayanan, Pemanfaatan pelayanan sudah bagus, dan Tanggapan masyarakat yang hampir sama menyatakan pelayanan sudah cukup baik. Faktor pendukung pelaksanaan akuntabilitas adalah faktor SDM yang handal dan Peraturan. Faktor penghambatnya kurangnya sosialisasi yang diberikan oleh atasan khususnya camat kepada pegawainya tentang adanya akuntabilitas. Akuntabilitas dapat menciptakan kepercayaan masyarakat, kepercayaan akan pelayanan tetap ditingkatkan dengan baik dengan cara memberikan transparansi pelaporan. Para pegawai pada Kantor Kecamatan Lowokwaru keahliannya lebih ditingkatkan lagi dengan mengikuti program pendidikan dan pelatihan khusus agar lebih profesional. Sedangkan Untuk waktu pelaksanaan e-KTP sebaiknya masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan khusus dibedakan tempatnya agar tidak mengganggu ketepatan waktu yang telah ditetapkan dan tidak memperlambat pelaksanaan pelayanan e-KTP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/116/051201385
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 May 2012 09:12
Last Modified: 22 Oct 2021 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115210
[thumbnail of 051201385.pdf]
Preview
Text
051201385.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item