Upaya Pemerintah Daerah Dalam Membina Dan Melindungi Pasar Tradisional Terhadap Pasar Modern (Studi Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Malang)

Devi,JanitaSintia (2012) Upaya Pemerintah Daerah Dalam Membina Dan Melindungi Pasar Tradisional Terhadap Pasar Modern (Studi Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan pasar modern di Kota Malang saat ini semakin meningkat dan keberadaannya semakin mengancam pasar tradisional. Barang yang ditawarkan pasar modern hampir sama dengan pasar tradisonal, selain itu jarak antara pasar modern dengan pasar tradisional ada yang berdekatan, dan juga jam oprasional pasar tradisional dengan pasar modern hampir sama sehingga dapat menimbulkan persaingan tidak sehat antara pasar modern dengan pasar tradisional tersebut. Tidak adanya sanksi yang tegas dari pemerintah daerah menjadikan pasar tradisional semakin terpuruk. Seperti contoh pasar Blimbing dengan hypermart Matos, walaupun jarak keduanya berjauhan akan tetapi barang yang dijual kedua tempat tersebut hampir sama namun hypermart Matos mempunyai banyak keunggulan di banding pasar Blimbing. Selain itu hypermart Matos mempunyai tempat yang strategis yaitu berada di sekitar tempat pendidikan, di samping itu jam oprasional Matos lebih banyak di banding jam oprasional pasar Blimbing. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini menjelaskan mengenai upaya dan komitmen pemerintah daerah dalam membina dan melindungi pasar tradisonal terhadap pasar modern, kemudian membahas faktor pendukung dan penghambat pemerintah dalam membina dan melindungi pasar tradisional terhadap pasar modern Sumber data diperoleh dari informan diantaranya pemerintah, pelaku pasar modern dan pasar tradisional serta konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa keberadaan hypermart Matos sebagai pasar modern memang menjadi ancaman bagi pasar Blimbing sebagai pasar tradisional, disamping hypermart Matos mempunyai keunggulan diberbagai hal, tidak adanya peraturan daerah mengenai zonasi antara pasar modern dan pasar tradisional, komoditas barang dan harga, jam buka – tutup pasar modern, sanksi yang tegas bagi pelaku usaha yang melakukan kecurangan, dan mudahnya ijin pembangunan pasar modern dari pemerintah menyebabkan semakin terpuruknya pasar tradisional. Keberadaan pasar tradisional yang semakin terpuruk hendaknya diberi perhatian khusus dari pemerintah Kota Malang dengan membuat kebijakan yang lebih berpihak kepada pasar tradisional untuk melindungi pasar tradisional dari ancaman kepunahan sehingga pasar tradisional dapat bersaing sehat dengan pasar tradisional. Pemerintah daerah harus mempunyai komitmen untuk melindungi pasar tradisional dari pasar modern. Disamping itu pemerintah juga harus melakukan pembinaan terhadap para pedagang pasar tradisional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/101/051201131
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jul 2012 10:39
Last Modified: 22 Oct 2021 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115194
[thumbnail of 051201131.pdf]
Preview
Text
051201131.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item