Sistem Informasi Manajemen Dalam Rangka Optimalisasi Kualitas Pelayanan Studi Pada Pelayanan Kapal Pt. Pelabuhan Indonesia Iii (Persero) Cabang Gresik

Arif, Damayanti (2012) Sistem Informasi Manajemen Dalam Rangka Optimalisasi Kualitas Pelayanan Studi Pada Pelayanan Kapal Pt. Pelabuhan Indonesia Iii (Persero) Cabang Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem informasi manajemen dalam rangka optimalisasi kualitas pelayanan, terkait dengan kualitas pelayanan maupun faktor pendukung dan penghambatnya, sehingga menjadi hal utama yang dibahas dengan seksama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis antara lain tentang pemanfaatan sistem informasi manajemen dalam kualitas pelayanan jasa kapal, gambaran aksesibilitas dan fleksibilitas pada pelayanan jasa kapal, faktor pendukung dan faktor penghambat pada kualitas pelayanan jasa kapal di PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Gresik. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tahap analisis data David E. McNabb yaitu, menentukan tema atau judul serta rumusan masalah, membuat fokus penelitian dan mengelompokkan data sesuai dengan fokus penelitian, membandingkan data dengan fakta dan mereduksi serta identifikasi ulang data tersebut dengan fakta, menghubungkan data satu dengan data lain untuk dirangkum dan ditinjau kesesuaiannya terhadap teori, menarik kesimpulan dan jadi suatu landasan atas saran-saran peneliti. PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Gresik adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dibidang jasa kelautan, terdapat suatu sistem informasi manajemen dalam rangka optimalisasi kualitas pelayanan khusunya pada pelayanan jasa kapal. Pemanfaatannya yaitu, pertama sistem dan prosedurnya berupa Sistem dan Prosedur Jasa Kapal dan Sistem Informasi Usaha dan Keuangan (SIUK); kedua aktor pelaksana adalah Divisi Usaha, Divisi Terminal dan Divisi Umum PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Gresik, kantor pusat PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Tanjung Perak Surabaya; ketiga sarana dan prasarananya adalah P2T (Pusat Pelayanan Terpadu), Keputusan Direksi, data input , formulasi, laporan dan dokumen. Gambaran aksesibilitas dan fleksibilitas pada pelayanan jasa kapal: penyedia jasa yaitu PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Gresik dan pusat PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Tanjung Perak; lokasi yaitu kantor PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Gresik Jalan Yos Sudarso No. 1 kelurahan Bedilan, kecamatan Gresik, Gresik - Jawa Timur; jam operasi yaitu Senin-Kamis pukul 08.00-17.00, Jumat pukul 07.00-16.00, Sabtu pukul 08.00-12.00; karyawan yaitu Bapak Abdul Kadir dan Bapak Nanang Sahrani, sistem operasional yaitu lengkap dan lunas Dokumen 1A, mengikuti meeting P2T, monitoring dari PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Gresik dan Administrator Pelabuhan Cabang Gresik, informasi petugas pandu cabang atau keagenan untuk pandu-tunda. Faktor pendukung internal berupa SDM, gedung, dermaga atau tambatan, lapangan dan gudang penumpukan, SIUK, Sispro, CCTV; eksternal berupa ketepatan Dokumen vii 1A dan perencanaan bongkar muat. Faktor penghambat internal berupa kurangnya SDM, terlambatnya kapal pandu-tunda, sistem aplikasi error atau trouble , tingkat pemakaian dermaga kritis; eksternal berupa belum membayar UPER, dokumen belum lengkap, terlambatnya informasi kedatangan kapal, dan terlalu lama kapal bertambat-labuh. Saran peneliti yaitu perawatan ( maintenance ) Sispro Jasa Kapal dan SIUK, dapat untuk memperbesar kapasitas server , pengawasan ketat dan penyuluhan kesadaran pengguna jasa agar tidak sesuka hati dan jika perlu dikenakan denda lebih, pembuatan dan pembangunan tempat sandar kapal baru dengan kapasitas lebih, penambahan SDM yang berjumlah kira-kira total >50 orang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/100/051201130
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jun 2012 13:36
Last Modified: 22 Oct 2021 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115193
[thumbnail of SAMPUL.pdf]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of tanda_pengesahan.pdf]
Preview
Text
tanda_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item