Liliani,, Novi (2012) Persepsi Wajib Pajak Terhadap Layanan Quick Win Samsat Corner Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Layanan Quick Win SAMSAT Corner memberikan pilihan layanan mudah, cepat, murah yang diinginkan oleh wajib pajak. Hanya dengan menunjukkan STNK, BPKB dan KTP, wajib pajak langsung dapat membayar pajak tahunan dan pengesahan STNK kurang dari 5 menit. Dengan adanya layanan-layanan inovatif yang ditunjukkan SAMSAT Corner tentunya akan mempermudah wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Dengan demikian dalam pelaksanaannya, perlu diketahui bagaimana persepsi wajib pajak terhadap layanan Quick Win yang dijalankan oleh SAMSAT Corner ini. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi SAMSAT kota Malang khususnya SAMSAT Corner sebagai upaya memberikan pelayanan yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis persepsi wajib pajak terhadap layanan Quick Win SAMSAT Corner, dan apa sajakah faktor-faktor pendukung dan penghambat layanan Quick Win SAMSAT Corner dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian pada persepsi wajib pajak terhadap layanan Quick Win SAMSAT Corner Malang dilihat dari indeks kepuasan masyarakat yang terdiri dari 14 unsur antara lain prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapat pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, transparansi biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kenyamanan lingkungan dan keamanan lingkungan serta faktor-faktor pendukung dan penghambat baik faktor internal maupun faktor eksternal layanan SAMSAT Corner di kota Malang. Lokasi penelitian di SAMSAT Corner Kota Malang yang berlokasi di Mall Olympic Garden (MOG) Malang dengan situs Loket Pelayanan SAMSAT Corner Mall Olympic Garden (MOG) Malang. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner dengan instrumen pedoman pengamatan dan catatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi wajib pajak terhadap layanan Quick Win SAMSAT Corner Malang sudah cukup baik dinilai menggunakan 14 kriteria indeks kepuasan masyarakat. SAMSAT Corner Kota Malang hendaknya lebih meningkatkan kualitas teknologi informasi dalam memberikan layanan Quick Win , lebih meningkatkan sosialisasi mengenai pelayanan SAMSAT Corner di Mall Olympic Garden (MOG) dan hendaknya memiliki penetapan target pencapaian jumlah wajib pajak yang membayar di SAMSAT Corner sehingga ada standart untuk mengukur produktivitas. Untuk ke depannya diharapkan bisa lebih meningkatkan kualitas pelayanan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/1/051200239 |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 May 2012 09:39 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 07:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115191 |
Preview |
Text
051200239.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |