Prawati, MaeyanaDwi (2012) Pengaruh Relationship Marketing (Pemasaran Hubungan) terhadap Kepuasan Nasabah (Survai pada Nasabah Tabungan BritAma PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Padatnya persaingan akan berakibat pelanggan bebas dalam memilih produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini mengharuskan perusahaan untuk merespon persaingan yang terjadi melalui konsentrasi pemasaran yang akan terfokus pada produk dan jasa yang mampu memenuhi permintaan pelanggan, memberikan rasa puas terhadap produk dan jasa yang dipasarkan sekaligus perusahaan harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Mempertahankan pelanggan tidak hanya terfokus pada kepuasan pelanggan, tetapi juga upaya agar hubungan antara pelanggan dan perusahaan dapat terjalin dengan baik. Salah satu alternatif pendekatan yang saat ini mulai banyak digunakan oleh perusahaan adalah Relationship Marketing (Pemasaran Hubungan). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh bersama - sama maupun parsial antara Relationship Marketing (Pemasaran Hubungan) terhadap Kepuasan Nasabah pada Nasabah Tabungan BritAma PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif dan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan analisis parsial dengan uji t untuk mengetahui pengaruh baik secara bersama - sama maupun parsial antara variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai F signifikan yaitu sebesar 0,000(α < 0,05), yang berarti bahwa secara bersama - sama variabel- variabel Keuntungan Bersama (X1), Komitmen (X2), Kebenaran (X3), dan Komunikasi (X4) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Tingkat Kepuasan Nasabah (Y). Hasil R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,699, berarti bahwa 69,9% variabel Tingkat Kepuasan Nasabah akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Keuntungan Bersama (X1), Komitmen (X2), Kebenaran (X3), dan Komunikasi (X4). Sedangkan sisanya sebesar 30,1% akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial dengan membandingkan taraf signifikan α yaitu 0,05. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai sig. t sebesar 0,040 untuk variabel Keuntungan Bersama (X1), Komitmen (X2) sebesar 0,014, Kebenaran (X3) sebesar 0,037 dan untuk variabel Komunikasi (X4) sebesar 0,046. Hal ini menunjukkan nilai sig. t untuk masing – masing variabel bebas kurang dari 0,05 (nilai sig. t < 0,05) yang berarti keempat variabel bebas mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat secara parsial.Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa variabelvariabel dalam Relationship Marketing (Pemasaran Hubungan) baik secara bersamasama maupun secara parsial mempunyai pengaruh terhadap Kepuasan Nasabah. Keempat variabel bebas tersebut menunjukkan variabel Komitmen memiliki pengaruh yang dominan terhadap Kepuasan Nasabah. Saran yang bisa diberikan bank dalam hal ini PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kediri adalah unutk terus meningkatkan penerapan Relationship Marketing (Pemasaran Hubungan) yang sudah baik agar lebih tercipta Kepuasan Nasabah dalam jangka panjang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012//524/051203613 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 11 Dec 2012 09:16 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115190 |
Preview |
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
CURRICULUM_VITAE-_SURAT_PERNYATAAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
SKRIPSI_-_MAEYANA_DWI_PRAWATI_-_0810320100.pdf Download (6MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_pu3.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |