Pengaruh Faktor Internal terhadap Keputusan Pembelian (Survai pada Mahaiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Angkatan 2010/2011 yang Menggunakan Ponsel

Yuswanto, Purwo (2011) Pengaruh Faktor Internal terhadap Keputusan Pembelian (Survai pada Mahaiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Angkatan 2010/2011 yang Menggunakan Ponsel. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh simultan maupun parsial antara Faktor Internal terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Angkatan 2010/2011 yang Menggunakan Ponsel Merek Nokia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif karena dilatar belakangi oleh tujuan awal penelitian yaitu menjelaskan mengenai pengaruh variabel-variabel yang hendak diteliti dan kemudian menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Variabel penelitian tersebut adalah variabel Motivasi (X 1 ), variabel Pembelajaran (X 2 ), variabel Kepribadian dan Gaya Hidup (X 3 ), variabel Persepsi (X 4 ), dan variabel Sikap (X 5 ) sebagai variabel-variabel yang mempengaruhi dan variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel yang dipengaruhi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analsisi regresi linear berganda dengan uji F dan analisis parsial dengan uji t untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan maupun parsial antara variabel yang diteliti. Hasil yang didapat adalah nilai F hitung yaitu sebesar 17,308 dan nilai probabilitas sebesar 0,000 yang berarti bahwa secara simultan variabel Motivasi (X 1 ), variabel Pembelajaran (X 2 ), variabel Kepribadian dan Gaya Hidup (X 3 ), variabel Persepsi (X 4 ), dan variabel Sikap (X 5 ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y). Nilai adjusted R square yang menunjukkan sebesar 0,549 atau 54,9% yang artinya bahwa kelima variabel yaitu variabel Motivasi (X 1 ), variabel Pembelajaran (X 2 ), variabel Kepribadian dan Gaya Hidup (X 3 ), variabel Persepsi (X 4 ), dan variabel Sikap (X 5 ) memberikan kontribusi sebesar 54,9% terhadap Keputusan Pembelian dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Nilai R yaitu sebesar 0,763 menunjukkan bahwa variabel Motivasi (X 1 ), variabel Pembelajaran (X 2 ), variabel Kepribadian dan Gaya Hidup (X 3 ), variabel Persepsi (X 4 ), dan variabel Sikap (X 5 ) memiliki keeratan hubungan yang kuat dengan variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y). Secara parsial variabel Motivasi (X 1 ), variabel Pembelajaran (X 2 ), variabel Kepribadian dan Gaya Hidup (X 3 ), variabel Persepsi (X 4 ), dan variabel Sikap (X 5 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Besarnya pengaruh dari masing-masing variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) dapat dilihat pada koefisien regresi (b) yaitu variabel Motivasi (X

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/82/ 051100697
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 May 2011 10:39
Last Modified: 25 May 2011 10:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115171
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item