Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Perpindahan Merek (Brand Switching) (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan Tahun 2009/2010 dan

Habriono, PrasetyawanDwi (2011) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Perpindahan Merek (Brand Switching) (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan Tahun 2009/2010 dan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Beragamnya jenis dan merek produk dalam bentuk barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, dewasa ini mampu membuat konsumen tertarik untuk mencoba produk tersebut dalam berbagai merek. Bervariasinya model, jenis, dan merek handphone memberikan banyak pilihan dan pertimbangan bagi konsumen untuk memutuskan pembelian. Banyaknya pilihan merek dan tipe handphone yang ditawarkan di pasaran serta sering berubahnya selera kosumen, maka tidak jarang dalam kurun waktu singkat seseorang konsumen berganti merek dari satu merek ke merek lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Perpindahan Merek ( Brand Switching ). Jenis Penelitian yang digunakan adalah exploratory research . Pengumpulan data data dilakukan dengan menyebar kuesioner dengan jumlah sampel 134 orang responden yaitu mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang Angkatan Tahun 2009/2010 dan Angkatan Tahun 2010/2011 pengguna handphone GSM. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling . Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Analisis Faktor, terdapat 5 (lima) faktor yang merupakan temuan secara eksploratif atas Keputusan Perpindahan Merek ( Brand Switching ) yaitu (1) Pertimbangan Pembelian, dengan variabel Pengalaman Terdahulu, Pengetahuan Fitur/Spesifikasi, Informasi Fitur/Spesifikasi, Harga Terjangkau, Harga sesuai Manfaat, Persediaan Produk dan Iklan; (2) Teknologi, dengan variabel Keinginan Mencoba Merek Lain, Rasa Bosan, Rasa Jenuh den Fitur, Banyaknya Variasi Fitur, Banyaknya Variasi Tipe, Kecanggihan Teknologi, dan Mengikuti Trend ; (3) Kepercayaan, dengan variabel Kualitas Sekarang, Spesifikasi Sebelumnya, Fitur Sebelumnya, Service Garansi, Kualitas Sebelumnya, dan Kesediaan untuk Merekomendasi; (4) Keunggulan, dengan variabel Kelengkapan Fitur, Bukti Keunggulan, Mengenal Produk, Manfaat Produk, Kemudahan dalam Mengoperasikan, Keunggulan Kualitas dan Gaya Hidup; dan (5) Kehandalan, dengan variabel Kinerja dan Tampilan Sebelumnya. Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya pemahaman antara produsen dan pemasar terkait dengan kriteria produk yang diinginkan konsumen. Produsen harus senantiasa melakukan inovasi terhadap produknya. Pemasar perlu melakukan strategi variasi produk dan memberikan stimuli (rangsangan) pembelian kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/57/ 051100672
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 May 2011 09:31
Last Modified: 20 May 2011 09:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115146
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item