Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Mawar Pot (Kasus Konsumen Mawar Pot Di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah)

Ramadan, Fajar Arif (2018) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Mawar Pot (Kasus Konsumen Mawar Pot Di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanaman Hias adalah satu komoditas hortikultura yang mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Direktorat Jenderal horikultura pada tahun 2017 peningkatan produksi, produktivitas, luas area tanam, nilai ekspor, dan penyerapan tenaga kerja menunjukan tren yang positif. Salah satu tanaman hias dengan produksi sangat tinggi adalah mawar. Mawar merupakan tanaman hias dengan produksi tertinggi kedua di Indonesia. Sementara itu peningkatan penyerapan tenaga kerja di sektor tanaman hias menunjukan nilai yang positif. Kabupaten Karanganyar merupakan daerah dengan perkembangan dan perdagangan tanaman hias yang cukup baik. Pemasaran tanaman hias di wilayah Karanganyar semakin luas. Namun pedagang mawar pot di Karanganyar juga sering mengalami retur atau produk yang dijual tidak habis/laku, sehingga harus dibawa kembali. Perkembangan pasar yang semakin luas di Karanganyar menjadi salah satu penyebab produk bunga mawar pot yang dijual tidak laku. Oleh karena itu, penelitan terkait preferensi konsumen terhadap bunga mawar pot sangat penting untuk dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis karakteristik konsumen mawar pot dan (2) menganalisis penilaian umum atribut produk mawar pot dan (3) menganalisis tingkat kepentingan atribut mawar pot di Kabupaten Karanganyar. Preferensi konsumen diketahui dengan menggunakan analisis konjoin. Analisis konjoin digunakan untuk mengukur preferensi dan atribut yang lebih dipertimbangkan oleh konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, analisis konjoin menghasilkan nilai kegunaan masing-masing taraf atribut dan tingkat kepentingan masing masing atribut. Hasil penilaian umum konsumen terhadap nilai kegunaan taraf atribut mawar pot menunjukan bahwa bunga mawar pot yang disukai oleh konsumen adalah bunga yang memiliki warna biasa, tingkat kemekaran >50%, tinggi >25cm, jumlah daun >10, jumlah bunga >1 per pot dan memiliki harga antara Rp7500-Rp12500 adalah kombinasi atribut yang paling disukaai konsumen. Sementara itu, berdasarkan hasil nilai kepentingan, atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen adalah warna bunga dengan nilai kepentingan (21.698). Atribut tingkat kemekaran bunga juga sangat dipertimbangkan oleh konsumen dengan nilai kepentingan sebesar (20.440). Sementara atribut harga cukup dipertimbangkan konsumen dengan nilai kepentingan relatif sebesar (17.296). Jumlah bunga dan jumlah daun juga menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli bunga mawar pot. Kedua atribut tersebut memiliki tingkat kepentingan relatif masing-masing sebesar (16.667) dan (15.409). Atribut tinggi tanaman memiliki nilai kepentingan relatif sebesar (8.491), paling rendah jika dibandingkan dengan atribut lainya dan dianggap tidak terlalu penting jika dibandingkan dengan atribut lainya.

English Abstract

Ornamental Plants is a horticultural commodity that experienced rapid development in Indonesia. Direktoran Jenderal Hortikultura record in 2017 that increasing production, productivity, planted area, export value, and employment absorption showed a positive trend. One of the ornamental plants with very high production is the rose. Rose is an ornamental plant with the second highest production in Indonesia. Meanwhile, the increase in employment in the ornamental plant sector shows a positive value. Karanganyar Regency is an area with the development and trade of ornamental plants are quite good. Marketing of ornamental plants in the Karanganyar area is wider. However, pottery pot sellers in Karanganyar also often experience returns or products sold are not exhausted / behavior and, so it must be brought back. The development of an increasingly widespread market in Karanganyar became one of the causes of rose pot products sold are not sold. Therefore, research related to consumer preference to potted rose is very important to do. The purpose of this study were (1) Analyzing the characteristics of potted rose consumers and (2) Analyzing consumer preferences on potted roses. Consumer preferences are known by using conjoint analysis. Conjoint analysis is used to measure preferences and attributes that are more considered by consumers. Based on the result of research, konjoin analysis yields usability value of each attribute level and importance level of each attribute. The result of the general assessment of the consumer on the value of the use of the level of rose pots attributes shows that the potted rose is favored by the consumer is the flower that has the usual color, the 50% the price between Rp.7.500-Rp.12.500 is a combination of the most favored attributes of consumers. Meanwhile, based on the value of interest, the attribute most considered by the consumer is the color of interest with the value of interest (21698). The efflorescence rate flower is also strongly considered by consumers with an efflorescence value of (20,440). While the price attribute is considered enough consumers with a relative importance value of (17.296). The number of flowers and the number of leaves is also a consideration of consumers in buying potted roses. Both attributes have a relative importance level of each (16.667) and (15.409). The plant height has a relative importance value of (8,491), the lowest when compared with other attributes and is considered less important when compared to other attributes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/143/051802618
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 635 Garden crops (Horticulture) > 635.9 Flowers and ornamental plants
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Jun 2018 07:00
Last Modified: 05 Oct 2020 10:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11514
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item