Implementasi Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) ExxonMobil. Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitar (Studi Kasus Pada Masyarakat Sekitar Sumur Minyak Banyu Urip Kabupaten Bojonegoro)

Maghfir, Ikvina (2011) Implementasi Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) ExxonMobil. Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitar (Studi Kasus Pada Masyarakat Sekitar Sumur Minyak Banyu Urip Kabupaten Bojonegoro). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) ExxonMobil Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitar (Studi Kasus Pada Masyarakat Sekitar Sumur Minyak Banyu Urip Kabupaten Bojonegoro). Dengan rumusan masalah bagaimana implementasi dan peran kebijakan CSR terhadap pemenuhan kesejahteraan masyarakat di daerah sekitar Sumur Minyak Banyu Urip, dan kendala-kendala. Fokus dalam penelitian ini adalah Implementasi Kebijakan CSR ExxonMobil terhadap masyarakat sekitar sumur minyak Banyu Urip, meliputi: mekanisme pelaksanaan, pola pelaksanaan dan keberlanjutan program CSR, output program CSR; Peran kebijakan Corporate Social Responsibility ; dan kendala-kendala dalam Implementasi CSR. Metode dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus , yaitu data sekunder yang berupa teori, definisi dan substansinya dari berbagai literatur, dan peraturan perundang-undangan, serta data primer yang diperoleh dari wawancara, observasi dan studi lapangan. Analisis data dengan analisis deskriptif pendekatan kualitatif menurut Miles dan Hubermen dengan langkah-langkah; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosialnya, ExxonMobil mendelegasikan anak perusahaannya yakni Mobil Cepu Ltd dalam melakukan aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan sepenuhnya, meliputi ganti rugi lahan dan program pemberdayaan masyarakat terkait dalam tiga bidang yaitu pendidikan, kesehatan dan pengembangan ekonomi, termasuk juga perbaikan infrastruktur telah memberikan perubahan signifikan dan berjalan efektif. Kendala-kendala yang ditemui adalah pemahaman CSR yang beragam dan keterbatasan SDM dalam mekanisme pelaksanaan CSR. Dengan adanya program CSR anak perusahaan ExxonMobil, yakni Mobil Cepu Ltd. diharapkan dapat membantu tugas pemerintah daerah dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat sekitar sumur minyak Banyu Urip yang berpotensi merasakan dampak lingkungan dari proses produksi Minyak dan Gas ExxonMobil. Dalam pelaksanaan CSR yang ada tidak hanya untuk kepentingan citra perusahaan saja, tetapi lebih ditekankan pada komitmen perusahaan untuk ikut melaksanakan pembangunan terhadap kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan UUPT No.40 Tahun 2007. Menjelaskan bahwa melalui undang-undang ini, industri atau korporasi-korporasi wajib untuk melaksanakannya, dalam konteks inilah aktifitas Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi agenda wajib bagi perusahaan sesuai dengan aturan perundangundangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/458/051105047
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Dec 2011 14:10
Last Modified: 21 Oct 2021 17:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115081
[thumbnail of 051105047.pdf]
Preview
Text
051105047.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item