Profesionalisme Aparatur Pemerintah Dalam Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Kelurahan Tungkaran Pangeran).

Rita, Nur (2011) Profesionalisme Aparatur Pemerintah Dalam Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Kelurahan Tungkaran Pangeran). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam pelaksanaan otonomi daerah, peran aparatur birokrasi merupakan agen utama dari pembangunan daerah, dalam hal ini kedudukan aparatur daerah menjadi strategis karena dalam pelaksanaan otonomi daerah ditentukan oleh peran aktif aparatur daerah. Dimana pemerintahan yang cerdas hanya bisa diwujudkan oleh aparatur yang cerdas pula. Oleh karena itu, profesionalisme aparatur sangat diperlukan secara personal maupun kolektivitas kelembagaan guna menyikapi pelaksanaan Otonomi. Pemerintah kelurahan memegang peranan penting dalam fungsi pelayanan sekaligus juga merupakan ujung tombak dari kecamatan dalam rangka otonomi daerah. Tugas pemerintah kelurahan memberikan pelayanan kepada masyarakat, beberapa jenis pelayanan yang dibutuhkan masyarakat seperti surat pengantar KTP, KK, surat nikah, cerai, dan juga surat keterangan kelahiran dan kematian dan sebagainya. Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan juga terus meningkat, masyarakat menginginkan prosedur pelayanan yang mudah dan tidak berbelit-belit, waktu penyelesaiannya mudah dan biaya pelayanan yang murah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa profesionalisme aparatur kelurahan, maupun proses dari pelayanan yang diberikan oleh pegawai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriftip yang megambil lokasi di Kelurahan Tungkaran Pangeran Kabupaten Tanah Bumbu dengan situs penelitian berada di Kantor Kelurahan Tungkaran Pangeran Kabupaten Tanah Bumbu. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data menggambarkan secara sistematis profesionalisme Aparatur Pemerintah dan pelayanan publik yang diselenggarakan di Kantor Kelurahan Tungkaran Panggeran dari indikator atau kriteria profesionalisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aparatur pemerintah di Kantor Kelurahan Tungkaran Pangeran, sudah memiliki panggilan hidup hal ini ditunjukan dengan (1) komitmennya untuk memberikan kontribusi kepada daerahnya yang didasari sebagai anak daerah (warga asli), (2) dalam memberikan pelayanan didasari dengan rasa ikhlas, tulus dan ramah. Penguasaan Ilmu dan Teknologi ditunjukan dengan mulai menerapkan menajemen berbasis komputerisasi. Kesesuaian keterampilan dengan pengetahuan teoritis, masih kurang. Disiplin waktu, ditunjukan dengan masuk pulang kerja sesuai dengan jam yang ditentukan. Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Tungkaran Pangeran Melayani berbagai macam jenis pelayanan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan lain sebagainya. Lama waktu, belum ada kepastian waktu karena masih disesuaiakan dengan prosedur. Biaya, sudah tertulis dengan jelas sesuai dengan ketentuan. Sarana dan prasarana masih kurang memadai Dari hasil penelitian ini, maka peneliti dapat memberikan rekomendasi antara lain perlu ditingkatkan lagi profesionalisme apatatur, dari segi penguasaan ilmu dan teknologi dan keterampilan berdasarkan ilmu teoritis. Perlu adanya pemanbahan sarana dan prasarana penunjang yang lebih baik. Serta juga perlu adanya standart pelayanan yakni adanya kepastian waktu penyelesaian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/417/ 051104267
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Oct 2011 10:54
Last Modified: 25 Oct 2011 10:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115041
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item