Pengembangan Permainan Trading Card Augmented Reality Bertema Perang Baratayuda

Putra, Ramadhan Rizki Arga (2018) Pengembangan Permainan Trading Card Augmented Reality Bertema Perang Baratayuda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Trading Card Game (TCG) adalah permainan kartu populer yang menggunakan kartu berseri. Namun pada game tersebut pemain tidak bisa benar-benar melihat karakter yang ada pada kartu dalam bentuk nyata. Maka perlu dikembangkan TCG dengan konsep original tetapi dalam bentuk yang lebih interaktif dengan menggunakan grafis 3D untuk memvisualisasikan karakter dalam game. Game yang mengangkat budaya dan cerita wayang merupakan salah satu cara untuk mengenalkan budaya Indonesia pada generasi muda. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu media Trading Card Game menggunakan teknologi Augmented Reality bertema Perang Baratayuda yang dikembangkan pada perangkat mobile berbasis Android. Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah metode Iterative with Rapid Prototyping (IRP). Metode IRP dapat kembali pada proses sebelumnya untuk melakukan perbaikan. Cerita atau scene yang dipilih adalah cerita Perang Baratayuda antara Pandawa melawan Kurawa. Penggunaan paper prototype pada perancangan memudahkan penentuan rules pada permainan. Berdasarkan dari hasil implementasi, objek wayang dapat diintegrasikan dengan menggunakan Augmented Reality untuk menimbulkan efek nyata secara 3D di dalam marker sebagai kartu permainan. Untuk pembuatan objek 3D menggunakan aplikasi Blender dan untuk menampilkan objek wayang secara 3D dengan menggunakan sdk vuforia dalam game engine Unity. Berdasarkan pengujian menggunakan metode White Box dan Black Box dengan menerapkan pengujian jalur independen pada program berdasarkan nilai Cyclomatix Complexity, didapatkan hasil pengujian validasi bahwa program dapat berjalan dengan baik dengan tingkat validasi sebesar 100%. Pada metode pengujian playtesting yang terdiri dari unsur kesenangan dan unsur kemudahan penggunaan, didapatkan hasil bahwa game ini memiliki konsep yang cukup menarik dan permainan cukup mudah dimainkan, namun masih terlalu membosankan.

English Abstract

Trading Card Game (TCG) is a popular card game that uses serial cards. But in this game, players can not really see the characters on the card in real form. It is necessary to develop TCG with the original concept but in a more interactive form by using 3D graphics to visualize the characters in the game. Games that lift the culture and wayang stories is one of another way to introduce Indonesian culture to the younger generation. Therefore, it is necessary to developed a Trading Card Game using Augmented Reality technology with Baratayuda War theme which will run on Android-based mobile devices. The method used in the development is Iterative with Rapid Prototyping (IRP) method. The IRP method can return to the previous process to make improvements. The story or scene chosen is Baratayuda Wars between Pandawa against Kurawa. The use of paper prototype on design makes it easy to set rules on this game. Based on the results of the implementation, the wayang objects can be integrated by using Augmented Reality to generate a real 3D effect inside the marker as a game card. For the creation of 3D objects is using Blender app and to display 3D wayang objects is using sdk vuforia in Unity game engine. Based on White Box testing and Black Box testing by applying independent path test on program based on Cyclomatix Complexity value, obtained validation test result that program can run well with 100% validation rate. In the playtesting that consisting of the element of fun and the element of ease of use, the results obtained that the game concept has been made quite interesting and quite easy played, but it’s still too boring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/285/051801939
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Iterative With Rapid Prototyping, Trading Card Game, Wayang
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.8 Augmented and virtual reality
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 07 Jun 2018 03:25
Last Modified: 27 Oct 2021 05:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11498
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB VII.pdf]
Preview
Text
BAB VII.pdf

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (744kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (658kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (490kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (653kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (913kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item