Yulianti, Winda (2011) Kualitas Pelayanan Publik di Bidang Kesehatan Jiwa (Studi pada Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini berjudul Kualitas Pelayanan Publik di Bidang Kesehatan Jiwa (Studi pada Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang kepada pasien dengan gejala gangguan jiwa dan kendala apa saja yang dapat menghambat proses pelayanan kesehatan jiwa. Dalam fokus penelitian ini ada dua hal yaitu: (1) Kualitas Pelayanan Publik di bidang kesehatan jiwa pada Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang meliputi: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy yaitu didalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di Rumah sakit jiwa tersebut haruslah memberikan pelayanan yang memuaskan masyarakat dan (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi pelayanan kesehatan jiwa, yang meliputi Faktor pendukung antara lain: lokasi yang mudah dijangkau, terdapatya pelayanan satu atap yang memudahkan pengunjung dalam proses pelayanan dan faktor penghambat antara lain: Kurangnya pengetahuan pengunjung yang akan menggunakan JAMKESMAS, dan masih rendahnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan jiwa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendenkatan kualitatif karena melalui penelitian ini diharapkan dapat mengetahui pelaksanaan pelayanan publik di bidang kesehatan jiwa yang meliputi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy pada Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Pada penelitian ini yang menjadi lokasi penelitian adalah Kecamatan Lawang Kabupaten Malang Jawa Timur. Sedangkan situs penelitian ini adalah Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Hasil dari penelitian tersebut adalah pelayanan kesehatan yang terdapat di Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang sudah memenuhi standar pelayanan yang diinginkan pasien, dilihat dari wujud atau bentuk fisik rumah sakit yang baik, nyaman dan terus mengalami pemeliharaan bangunan. Dari kehandalan, daya tanggap dan jaminan yang diberikan oleh rumah sakit jiwa tersebut sudah memenuhi standar pelayanan prima. Tingkat kepedulian pegawai cukup tinggi kepada pasien. Pelayanan administrasi disana cukup memuaskan sehingga segala urusan administrasi pasien dapat terselesaikan dengan baik. Dalam pelaksanaan pelayanan publik dibidang kesehatan jiwa terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan. Pengaruh dari faktor pendukung yaitu terlaksananya visi dari rumah sakit tersebut yaitu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan bagi pasien. Selain itu adanya faktor penghambat yaitu membuat proses pelayanan yang diberikan kurang berjalan dengan maksimal. Dari hasil penelitian, ada beberapa saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain agar Rumah sakit jiwa tersebut dapat mempertahankan pelayanan yang sudah ada dan terus dikembangkan agar dapat lebih mewujudkan visi serta membantu negara dalam mensejahterakan masyarakat Indonesia di bidang kesehatan jiwa. Adapun saran yang terdapat di dalam penelitian ini semoga bisa membangun dan memotivasi agar selalu memberikan pelayanan kesehatan jiwa yang lebih baik dan dapat dipercaya masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2011/333/ 051103272 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Oct 2011 09:30 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 09:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114953 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |