Dampak Kebijakan Kredit Terhadap Penjualan dan Laba (Studi pada Perusahaan Rokok Djagung Padi Malang)

Rochmawati, Mamik (2011) Dampak Kebijakan Kredit Terhadap Penjualan dan Laba (Studi pada Perusahaan Rokok Djagung Padi Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penjualan kredit akan menimbulkan piutang. Piutang perlu dikelola, karena piutang akan menyebabkan terjadinya resiko dan manfaat atas penjualan tersebut. Kebijakan kredit sangat penting dalam kaitannya dengan pengumpulan piutang perusahaan. Jika manajemen menentukan kebijakan kredit yang salah, akan berakibat fatal bagi kelancaran keuangan perusahaan yang pada akhirnya akan mengganggu kelancaran aktivitas perusahaan secara keseluruhan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kebijakan kredit yang diterapkan PR Djagung Padi Malang. Selain tujuan yang telah disebutkan sebelumnya penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kebijakan kredit yang efektif bagi peningkatan penjualan dan laba perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode analisis kuantitatif. Metode analisis kuantitatif digunakan karena dalam pemecahan masalah menggunakan angka-angka yang kemudian dilakukan suatu perhitungan tanpa melakukan hipotesis. Kebijakan kredit yang diterapkan perusahaan saat ini terlalu ketat untuk pelanggan yaitu 0/0 net 15, berarti pelanggan harus melunasi utangnya dalam waktu 15 hari tanpa ada potongan tunai. Perusahaan juga kurang tegas dalam melakukan penagihan pada pelanggannya. Kebijakan kredit yang efektif bagi perusahaan agar penjualan dan laba meningkat yaitu dengan merubah kebijakan yang selama ini diterapkan oleh perusahaan, artinya perusahaan perlu merubah kebijakan yang terlalu ketat tersebut. PR Djagung Padi Malang perlu merubah kebijakan kreditnya, mulai dari periode kredit, potongan tunai, standar kredit, sampai dengan kebijakan penagihan. Perpanjangan pada periode kredit dari net 15 menjadi net 30 akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan yang diharapkan akan berdampak positif terhadap penjualan dan laba. Terlebih lagi apabila perusahaan memberikan potongan tunai pada pelanggan sebesar 2% jika mampu membayar utangnya dalam waktu periode diskon yaitu 10 hari terhitung sejak dilakukan penjualan. Penagihan yang dilakukan perusahaan harus lebih tegas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/318/ 051103257
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Nov 2011 10:37
Last Modified: 10 Nov 2011 10:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114936
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item