Agustina, Ririn (2011) Partisipasi Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Dasar Negeri Kepanjen II Kabupaten Jombang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini didasari atas fenomena rendahnya mutu pendidikan di Indonesia termasuk pada sekolah dasar, yang disebabkan oleh tiga faktor yaitu penyelenggaraan pendidikan nasional yang menggunakan pendekatan input-output analisys , penyelenggaraan pendidikan nasional secara birokratik sentralistik, dan peran serta masyarakat yang masih minim. Melihat hal itu pemerintah mengeluarkan UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang mengasumsikan bahwa mutu pendidikan dapat ditingkatkan dengan peran serta masyarakat dalam lembaga pendidikan di tingkat mikro (sekolah). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SDN Kepanjen II Kabupaten Jombang, mendeskripsikan dan menganalisis upaya pihak sekolah untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Kepanjen II Kabupaten Jombang, serta mendeskripsikan dan mengetahui kendala pihak sekolah untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Kepanjen II Kabupaten Jombang. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi peneliti sendiri, pedoman wawancara dan perangkat penunjang lainnya. Analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif Miles dan Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SDN Kepanjen II Kabupaten Jombang yang menonjol adalah supporting agency (pendukung); (2) upaya pihak sekolah untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Kepanjen II Kabupaten Jombang melalui pertemuan bersama, penggunaan media komunikasi, dan optimalisasi peran komite sekolah; (3) kendala pihak sekolah untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SDN Kepanjen II Kabupaten Jombang adalah rendahnya aktualisasi masyarakat dalam rapat sekolah, rendahnya pemahaman masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan, komunikasi antara pihak sekolah dengan masyarakat yang belum berjalan efektif. Rekomendasi: Perlu peningkatan sosialisasi yang terus menerus kepada masyarakat, mengadakan pelatihan atau diklat bagi komite sekolah, melibatkan wali peserta didik pada kegiatan sekolah, membentuk tim monitoring dan evaluasi kinerja komite sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2011/301/ 051103118 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 03 Aug 2011 13:10 |
Last Modified: | 03 Aug 2011 13:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114920 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |