MandadikaRP, Dhini (2011) Manajemen Reklame Pemerintah Kabupaten Jombang.(Studi Pada Badan Pelayanan Perizinan Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) oleh pemerintah Kabupaten Jombang adalah daya intensifikasi dan ekstensifikasi pajak daerah. Iklan merupakan bagian dari nasukan untuk memperbesar PAD. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pelayanan Perijinan mengoptimalkan penerimaan retribusi iklan. Tetapi disisi lain iklan ini dalam pemasangan telah mengganggu dan merusak keindahan kota dikarenakan tidak mengindakan peraturan yang dibuat untuk itu. Keadaan tersebut mendorong peneliti untuk mengkaji mendalam tentang Manajemen Reklame, khususnya dalam hal yang berkaitan dengan pemasangannya. Dalam peneliti yang menjadi kajian masalahnya adalah (1) Bagaimana Manajemen Reklame Pemerintah Kabupaten Jombang?. (2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Manajemen Reklame Pemerintah Kabupaten Jombang. Untuk mendapatkan informasi yang diharapkan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari penelitian dilapangan didihasilkan bahwa : (1) POAC perijinan pemasangan reklame dan tata aturan reklame berjalan dengan baik; (2) Optimalisasi organisasi dilakukan melalui peningkatkan kapasitas atau kemampuan Aparatur Badan Pelayanan Perijinan dalam hal pembiayaan ijin sudah dilakukan berdasarkan standar biaya dengan berjalan sebagaimana aturan yang ada; Sarana dan prasarana memadai, dan sarana optimalisasi pelayanan dalam memberikan layanan kepada masyarakat sudah lebih baik. Sedangkan Faktor pendukung tidak ada kesulitan dalam melakukan pelayanan dalam pemasangan reklame dan juga system pendataan melalui komputerisasi sudah lebih memadai. Sedangkan faktor penghambatnya masih belum adanya kesadaran masyarakat untuk menyadari pentingnya ijin pemasangan reklame, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat yang mengakibatkan kurang adanya respon dari masyrakat itu sendiri. Untuk lebih meningkatkan kinerja Badan Pelayanan Perijinan melalui kinerja perlu meningkatkan partisipasi masyarakat dan lebih mendengarkan keluhan dan aspirasi masyarakat sehingga terjalin kerjasama yang baik antara pemerentah, badan dan masyarakat dalam bidang pelayanan perijinan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2011/287/ 051102987 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 02 Aug 2011 09:53 |
Last Modified: | 02 Aug 2011 09:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |