Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Semen Gresik (Persero) Tbk dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi pada Program Kemitraan Kabupaten Gresik),

Yulinda, Ertha (2010) Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Semen Gresik (Persero) Tbk dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi pada Program Kemitraan Kabupaten Gresik),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

CSR ( Corporate Social Responsibility ) merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan perusahaan sesuai dengan isi Undang- Undang Perseroan Terbatas Nomer 40 Tahun 2007 pasal 74. Berdasarkan undang- undang ini, industri atau korporasi wajib melaksanakannya. Operasional perusahaan yang memiliki pengaruh pada lingkungan serta masyarakat, menuntut perusahaan untuk melakukan pertanggungjawaban sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan CSR di PT Semen Gresik (Persero) Tbk dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, dengan studi pada program kemitraan di Kabupaten Gresik disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala- kendala yang dihadapi oleh Perseroan dalam implementasinya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu dengan tujuan agar peneliti bisa menggambarkan fenomena dan fakta yang terjadi dalam melihat Pelaksanaan Corporate Social Responsibility di PT Semen Gresik (Persero) Tbk dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi CSR di PT Semen Gresik (Persero) Tbk dilakukan dalam bentuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Program Kemitraan merupakan kegiatan yang dilakukan Perseroan dalam upaya memberdayakan perekonomian masyarakat sekitar. Dalam program kemitaan tersebut selain memberikan pinjaman modal, PT Semen Gresik (Persero) Tbk juga menyediakan dana hibah yang digunakan untuk memberikan pelatihan, pemagangan serta promosi bagi mitra binaan. Dari program kemitraan tersebut memberikan manfaat dalam peningkatan perekonomian masyarakat, serta mampu memberdayakan ekonomi masyarakat melalui usaha- usaha kecil yang dibina oleh Perseroan. Namun dalam pelaksanaan program ini masih didapati kendala antara lain kredit macet, ketidakpercayaan mitra binaan kepada bank, beberapa mita binaan yang masih buta huruf, serta masih rendahnya kualitas kinerja pegawai mitra binaan. Oleh karena itu perlu adanya pelatihan-pelatihan khusus yang dilakukan oleh perseroan, tidak hanya pelatihan manajerial saja yang hanya bersifat umum. Selain itu juga perlua da penindakan tegas yang dilakukan oleh Perseroan dalam menindaklanjuti kredit macet yang dilakukan oleh mitra binaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/242/ 051102649
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jul 2011 12:18
Last Modified: 21 Jul 2011 12:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114858
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item