Implementasi Program Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Pada Sekolah Menengah Atas Katolik St. Albertus Malang),

Sitohang, MeizSionary (2011) Implementasi Program Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Pada Sekolah Menengah Atas Katolik St. Albertus Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

S k ri p si ini berjudul Implementasi Program Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Pada Sekolah Menengah Atas Katolik St. Albertus Malang ) . Dengan rumusan masalah bagaimana implementasi program pembelajaran berbasis ICT dan apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukung implementasi program pembelajaran berbasis ICT untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Menengah Atas Katolik St. Albertus Malang. Fokus dalam penelitian ini adalah implementasi program pembelajaran berbasis ICT dan faktor-faktor penghambat dan pendukung implementasi program pembelajaran berbasis ICT untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMAK St. Albertus Malang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi program pembelajaran berbasis ICT bagi peningkatan kualitas pendidikan, dan faktorfaktor penghambat serta pendukung implementasi program pembelajaran berbasis ICT untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMAK St. Albertus Malang. D a l am penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memperoleh gambaran deskriptif mengenai implementasi program pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk memperoleh data dan informasi yang relevan, maka menggunakan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Adapun yang menjadi fokus penelitian yang meliputi: pertimbangan/alasan pemilihan program pembelajaran berbasis ICT, tujuan penerapan program pembelajaran berbasis ICT, dan proses implementasi program pembelajaran berbasis ICT, serta faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi program pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMAK St. Albertus Malang. P enelitian ini menghasilkan: implementasi program pembelajaran berbasis ICT untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMAK St. Albertus Malang yang dilaksanakan selain karena Kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dari pemerintah pusat dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional 22 Tahun 2006 tentang Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah yang didukung oleh potensi dana dan sumber daya manusia yang tersedia dan mencukupi. Hal ini juga menunjukkan konsistensi SMAK St. Albertus Malang dalam mewujudkan visi dan misinya. Faktor penghambat yang ditemukan dalam implementasi pembelajaran berbasis ICT di SMAK St. Albertus Malang diantaranya seperti kemampuan para staff pengajar belum banyak menguasai penggunaan multimedia dan kemampuan siswa yang tidak merata di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Faktor pendukungnya diantaranya ketersediaan perangkat keras multimedia, ketersediaan jaringan internet, ketersediaan dana, peraturan mengenai pelajaran teknologi dan informasi, spesifikasi pengajar teknologi dan informasi dan juga buku-buku yang mendukung mengenai pelajaran teknologi dan informasi. P eneliti menyarankan bahwa dengan implementasi program pembelajaran berbasis ICT untuk meningkatkan kualitas pendidikan SMAK St. Albertus Malang hendaknya lebih selektif dalam merekrut para calon pengajar dan memberikan pelatihan mengenai keterampilan teknologi dan informasi untuk menambah pengetahuan dan peningkatan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/223/ 051102441
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jul 2011 10:56
Last Modified: 11 Jul 2011 10:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114838
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item