Analisis Faktor Bauran Pemasarana Jasa dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei padaMahasiswa Pengguna Liza Tour and Travel Jurusan Malang – Bandara Juanda Surabaya)

Aneta, PantowiryoS (2011) Analisis Faktor Bauran Pemasarana Jasa dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei padaMahasiswa Pengguna Liza Tour and Travel Jurusan Malang – Bandara Juanda Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor Bauran Pemasaran jasa yang dipertimbangkan konsumen dan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara bersama-sama dan sendiri-sendiri faktor Bauran Pemasaran jasa ( Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, Customer Service ) terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 orang responden yang merupakan mahasiswa pengguna jasa Liza Tour and Travel jurusan Malang – Bandara Juanda Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linear berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Proses, faktor Tempat, faktor Promosi, faktor Pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan faktor Orang, faktor Kinerja Karyawan, dan faktor Bukti Fisik bersama-sama berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai F hitung sebesar 32,14 dengan tingkat signifikansi 0,000 (P<0,05). Terdapat 5 faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian, yaitu faktor Proses dengan t hitung sebesar 5,947 dengan probabilitas 0,000. Faktor Tempat dengan t hitung sebesar 6,286 dengan probabilitas 0,000. Faktor Promosi dengan t hitung sebesar 4,749 dengan probabilitas 0,000. Faktor Produk dengan t hitung sebesar 4,769 dengan probabilitas 0,000. Faktor Pelayanan dengan t hitung sebesar 2,709 dengan probabilitas 0,008. Terdapat 3 faktor yang berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Faktor Orang dengan t hitung sebesar 1,921 dengan probabilitas 0,059. Faktor Kinerja Karyawan dengan t hitung sebesar 1,456 dengan probabilitas 0,150. Faktor Bukti Fisik dengan t hitung sebesar -0,239 dengan probabilitas 0,811. Dari kedelapan faktor bebas, yaitu faktor Proses, faktor Tempat, faktor Promosi, faktor Produk, faktor Pelayanan, faktor Orang, faktor Kinerja Karyawan, faktor Bukti Fisik, faktor Tempat mempunyai nilai beta tertinggi yaitu 0,439 dibandingkan dengan faktor lain. Hal ini berarti bahwa faktor Tempatmerupakan faktor yang dominan mempengaruhi Keputusan Pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini, faktor yang berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian yaitu faktor Proses, faktor Tempat, faktor Promosi, faktor Produk, faktor Pelayanan, faktor Orang, faktor Kinerja Karyawan. Faktor Bukti Fisik berpengaruh negatif terhadap Keputusan Pembelian. Oleh karena itu, disarankan kepada pihak Liza Tour and Travel adalah mempertimbangkan faktor Tempat, dengan tidak melupakan faktor Proses, Promosi, Produk, Pelayanan, Orang, dan Kinerja Karyawan. Hal ini dilakukan agar konsumen dalam melakukan pembelian merasa terpenuhi kebutuhannya, terutama dalam membeli jasa Liza Tour and Travel . Selain itu, Liza Tour and Travel harus menjaga kinerja dan kualitas produknya agar penilaian dalam diri konsumen, bahwa dengan membeli jasa Liza Tour and Travel sesuai dengan kualitas dan memiliki fungsi guna yang baik. Selain itu, pihak Liza Tour and Travel harus menjaga kinerja dan kualitas produk jasanya agar timbul kepercayaan dalam diri konsumen, bahwa telah membuat penilaian yang tepat dengan membeli jasa Liza Tour and Travel . Selain itu, pihak Liza Tour and Travel selalu menjaga dan terus meningkatkan kualitas produk dan berbagai faktor pendukung lain, misalnya dengan memberikan service center , layanan prima, ketersediaan informasi, serta tidak meninggalkan promosi dengan mengedepankan keunggulan jasa Liza Tour and Travel dibandingkan dengan jasa transportasi lain, mengingat semakin beragam dan banyak pesaing dalam industri transportasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/187/ 051102294
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jun 2011 11:43
Last Modified: 22 Jun 2011 11:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114800
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item