Analisis Penerapan Meaningful Marketing dan Dampaknya Terhadap Penciptaan Word of Mouth Communication (Suatu Kajian pada Credit Union Sawiran)

YosefaDianAristyaAndromeda (2010) Analisis Penerapan Meaningful Marketing dan Dampaknya Terhadap Penciptaan Word of Mouth Communication (Suatu Kajian pada Credit Union Sawiran). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pemikiran bahwa perkembangan pemasaran membawa pemasaran pada suatu masa yang memperlihatkan kecenderungan konsumen menginginkan adanya makna dan nilai ( value) yang mampu membantu serta memberikan sentuhan bagi kehidupan mereka. Oleh sebab itu, tugas besar seorang pemasar adalah menyusun suatu strategi agar konsumen bisa merasa nyaman dengan produknya sehingga akhirnya konsumen tersebut bersedia membantunya mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan kepada orang-orang disekitarnya ( word of mouth communication ). Membuat konsumen merasa nyaman dapat dilakukan dengan melakukan pemasaran yang memberikan arti atau makna kepada mereka ( meaningful marketing) . Jenis penelitian yang digunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan pada Credit Union (CU Sawiran). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi paritisipasi ( participant observation ) dan wawancara mendalam ( in depth interview ). Hasil penelitian menunjukan bahwa CU Sawiran berhasil menerapkan konsep pemasaran penuh makna ( meaningful marketing ) sebagai strategi pemasarannya. Hirarki meaningful marketing yang diterapkan pada CU Sawiran memiliki tiga tingkatan yaitu (1) Pemasaran solusi dimana CU Sawiran hadir untuk memberikan informasi, dorongan dan pelayanan kepada konsumen, (2) Pemasaran hubungan yaitu bentuk keterbukaan untuk saling menghargai, menjalin ikatan kekeluargaan yang melibatkan emosional, dan yang terakhir adalah (3) Pemasaran pencapaian yang diwujudkan dalam bentuk pencapaian kualitas anggota, pencapaian kualitas lembaga dan pencapaian kesejahteraan anggota. Meaningful marketing ) yang diterapkan oleh CU Sawiran berhasil menciptakan komunikasi mulut ke mulut ( word of mouth commnication ) diantara konsumen. Hal ini terjadi karena adanya kepuasan dan kesenangan yang dirasakan oleh konsumen CU Sawiran akan produk, jasa dan pelayanan yang diinginkan sehingga mereka bersedia secara sukarela dan antusias menjadi advocator (pemberi saran dan rekomendasi) kepada orang lain. Dengan keberhasilan CU Sawiran dalam menerapkan strategi meaningful marketing maka CU Sawiran harus menjaga kesinambungan penyampaian makna dalam bentuk pemberian reward kepada anggota lama sebagai bentuk penghargaan terhadap kesetiaan mereka dan tetap waspada dalam hal pelayanan karena word of mouth yang terjadi dikalangan konsumen CU Sawiran sangat kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/14/051100474
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Feb 2011 10:47
Last Modified: 21 Oct 2021 15:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114751
[thumbnail of 051100474.pdf]
Preview
Text
051100474.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item