Selviana, Nanda (2011) Kinerja Pelayanan Jamkesmas Di RSU Dr Saiful Anwar Malang (Studi Pada Instalasi Rawat Inap II),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pembangunan kesehatan merupakan bagian tak terpisahkan dari pembangunan nasional yang bertujuan tercapainya kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan masyarakat dalam tujuan pembangunan nasional. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya dibutuhkan peran pegawai kesehatan dan kontribusi dari semua pihak, salah satunya adalah peran pegawai kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa, terutama pada masyarakat miskin. Penelitian ini dilakukan atas dasar berbagai kasus yang terjadi selama ini yang mengindikasikan bahwa masih banyak keluhan dari masyarakat miskin terutama masyarakat peserta Jamkesmas terkait dengan pelayanan kesehatan yang diberikan RSU Dr. Saiful Anwar. Hal ini mengindikasikan bahwa kinerja pelayanan kesehatan pada RSU Dr. Saiful Anwar masih perlu ditingkatkan. Dengan adanya berbagai kritik dari masyarakat, maka dibutuhkan suatu perbaikan mengenai kinerja kualitas pelayanan dari para pegawai. Penelitian ini juga diharapkan terjadinya peningkatan kinerja kualitas pelayanan publik pada Instalasi Rawat Inap RSU Dr. Saiful Anwar Malang berdasarkan penerapan sistem manajemen mutu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis kinerja pelayanan Jamkesmas di RSU Saiful Anwar Malang, terkait dengan prosedur pelayanan Jamkesmas, keterbukaan informasi pelayanan, pelaksanaan pelayanan, mutu produk pelayanan, tingkat professional petugas, pengelolaan administrasi dan manajemen, Sarana dan prasarana pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dokumentasi, observasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat koherensi atau kesamaan sudut pandang dalam menilai kinerja pelayanan kesehatan khususnya Program Jamkesmas di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang meskipun derajat penilaiannya sedikit berbeda, di mana pasien masih menganggap cukup baik, sedangkan pihak rumah sakit menggambarkan bahwa selama ini pelayanan yang diberikan sudah baik, meskipun diakui ada beberapa hal yang belum secara optimal dipenuhi seperti : kecepatan pelayanan, ketepatan waktu pelayanan, maupun sarana dan prasarana hal tersebut, karena menyangkut banyak aspek lainnya. Implikasi penelitian ini baik diambil dari sudut pandang pasien maupun pihak rumah sakit dapat ditarik konklusi bahwa kinerja pelayanan kesehatan Program Jamkesmas di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang sudah cukup baik namun masih perlu ditingkatkan dan dioptimalkan. Secara teoritis hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan Jamkesmas di RSU Dr. Saiful Anwar Malang sudah mengedepankan pada perspektif new public service yaitu kepentingan publik tidak lagi dipandang sebagai agregasi kepentingan pribadi melainkan sebagai hasil dialog dan keterlibatan publik dalam mencari nilai bersama dan kepentingan bersama dengan sangat mengedepankan nilai-nilai kepentingan publik dan demokrasi yang tidak semata-mata berorientasi pada aspek efisiensi, rasionalitas dan bisnis. Solusi yang dapat diberikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah perlu lebih diintensifkan sosialisasi Program Jamkesmas kepada masyarakat baik dari Pemerintah melalui Dinas Kesehatan, Rumah Sakit maupun PT. Askes (Persero). Khusus untuk Rumah Sakit dapat lebih fleksibel dan kondisonal serta tidak kaku atau bersifat statis, karena pada dasarnya tujuan dari pelayanan publik adalah untuk kepentingan masyarakat, yang dengan tegas dijamin oleh negara seperti yang diatur dalam Pasal 28 H ayat (1) UUD Negara RI Tahun 1945. Penelitian ini kemudian menyimpulkan bahwa IRNA telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 secara konsisten. Selain itu kinerja pelayanan Jamkesmas yang diberikan oleh IRNA RSU Dr. Saiful Anwar telah memenuhi syarat pelayanan berdasarkan Kepmenpan No. 58/KEP/M PAN/7/2002 tentang tujuh dimensi yang dapat dijadikan dasar untuk mengukur kinerja pelayanan publik instansi pemerintah serta BUMN/BUMD. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan dalam proses pelayanan kesehatan seharusnya lebih bersifat akuntabel, kondisional, dan tidak deskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam menuju profesionalisme pelayanan. masyarakat diharapkan juga ikut berpartisipasi untuk mendukung program pemerintah yaitu kooperatif terhadap prosedur dan ketentuan yang ditetapkan pemerintah seperti halnya mendaftarkan diri jika sebagai warga sangat miskin, miskin dan mendekati miskin sebagai peserta Jamkesmas sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2011/134/ 051100969 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 19 Dec 2011 09:02 |
Last Modified: | 19 Dec 2011 09:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |