Pengaruh Implementasi Pemasaran Relasional (Relationship Marketing) terhadap Kepuasan Nasabah (Survei pada Nasabah Produk Simpanan Pedesaan (Simpedes) Bank Rakyat Indonesia Kantor Unit Paron, Ngawi)

Maulana, AgamReza (2011) Pengaruh Implementasi Pemasaran Relasional (Relationship Marketing) terhadap Kepuasan Nasabah (Survei pada Nasabah Produk Simpanan Pedesaan (Simpedes) Bank Rakyat Indonesia Kantor Unit Paron, Ngawi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing (Integrity, commitment, communication dan mutual understanding) terhadap Kepuasan Nasabah. Data yang dianalisa berasal dari 97 responden di Bank Rakyat Indonesia Kantor Unit Paron, Kabupaten Ngawi. Alat analisis data dengan regresi linear berganda. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling sedangkan penentuan banyaknya sampel dalam populasi ditentukan dengan menggunakan pendekatan Paul leedy. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah uji validitas dan uji reabilitas, analisa regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa secara simultan Relationship Marketing signifikan mempengaruhi Kepuasan Nasabah , dengan nilai F sebesar 92,294 (signifikan F= 0,000). F hitung > F tabel (92,294 > 2,467), artinya bahwa secara bersama-sama variabel Integrity (X 1 ), commitment (X 2 ), communication (X 3 ), dan mutual understanding (X 4 ) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Dari nilai Adjusted R Square menunujukkan nilai sebesar 0,792 atau 79,2%. Artinya bahwa variabel Kepuasan Nasabah (Y) dipengaruhi sebesar 79,2% oleh Integrity (X 1 ), commitment (X 2 ), communication (X 3 ), dan mutual understanding (X 4 ) sedangkan sisanya sebesar 20,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar 4 variabel bebas yang diteliti. Secara parsial Integrity signifikan mempengaruhi Kepuasan Nasabah sebesar 0,281. Commitment signifikan mempengaruhi Kepuasan Nasabah , sebesar 0,199. Communication signifikan mempengaruhi Kepuasan Nasabah, sebesar 0,273. Mutual Understanding signifikan mempengaruhi Kepuasan Nasabah, sebesar 0,123. Integrity, commitment, communication dan mutual understanding mempunyai hubungan positif atau searah dengan Kepuasan Nasabah . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kajian tentang Relationship Marketing sesuai dengan dasar-dasar teoritis dan hasil yang dicapai diharapkan dapat menjadi perhatian PT. BRI (persero) Kantor Unit Paron, Kabupaten Ngawi untuk mempertahankan dan meningkatkan Kepuasan Nasabah , terutama Integrity, karena variabel ini paling dominan mempengaruhi Kepuasan Nasabah .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/102/ 051100798
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jul 2011 11:19
Last Modified: 26 Jul 2011 11:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114712
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item