Upaya-upaya Pusat Kesehatan Masyarakat Janti Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

AnitaPermanaSari (2010) Upaya-upaya Pusat Kesehatan Masyarakat Janti Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya kalangan yang masih meragukan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas. Dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang tergantung dengan layanan kesehatan di rumah sakit dengan peralatan yang lengkap dan dengan pegawai yang sudah tidak diragukan lagi pendidikannya. Sehingga perlu adanya upaya dari Puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan agar masyarakat yang merasa tidak mampu ke rumah sakit dapat menikmati pelayanan kesehatan dengan mutu atau kualitas yang tidak jauh berbeda dari rumah sakit. Bagaimana upaya-upaya Puskesmas terutama Puskesmas Janti Kota Malang dalam meningkatakan kualitas pelayanan kesehatannya dan faktor-faktor apa saja yang menjadi hambatan dalam mewujudkan upaya-upaya Puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatannya. Hasil dari penelitian Disebutkan dalam UU No 23 Tahun 1992 tentang kesehatan yaitu:”setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan dilaksanakan pemerintah dan masyarakat”. Dalam hal ini pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik harus dapat menjamin hak masyarakat untuk hidup sehat dengan memberikan pelayanan kesehatan secara adil, merata, memadai, terjangkau dan berkualitas dan masyarakat juga mempunyai tanggung jawab yang sama dengan cara berperan serta dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Banyak sekali hal-hal yang diupayakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di dalam Puskesmas Janti Kota Malang, salah satunya dengan memperhatikan tingkat pendidikan formal pegawainya dan mengadakan pelatihan untuk menambah pengalaman bagi pegawai baru, sehingga selain terjangkau secara materi masyarakat pengguna jasa layanan kesehatan juga akan merasa aman dan nyaman dengan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pihak Puskesmas Janti. Walaupun kadangkala petugas Puskesmas masih kekurangan pegawai, tetapi itu tidak menghambat mereka untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan professional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/97/051000596
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Mar 2010 15:35
Last Modified: 21 Oct 2021 15:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114706
[thumbnail of 051000596.pdf]
Preview
Text
051000596.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item