Pengukuran Tingkat Pelayanan dengan Pendekatan Indeks Kepuasan Masyarakat (Studi pada UPT Puskesmas Mulyorejo Malang)

YudhaFitrRahman (2010) Pengukuran Tingkat Pelayanan dengan Pendekatan Indeks Kepuasan Masyarakat (Studi pada UPT Puskesmas Mulyorejo Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini peneliti membahas mengenai implementasi pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat yang mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelaksanaan pelayanan di UPT Puskesmas Mulyorejo Malang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran penting kualitas pelayanan masyarakat pada era otonomi daerah dewasa ini, termasuk pelayanan kesehatan di Kota Malang. Dalam kenyataannya saat ini hak-hak yang menyangkut kepuasan masyarakat tersebut belum sepenuhnya diperoleh. Paling-tidak ada tiga masalah penting yang perlu disikapi dalam menyelenggarakan pelayanan publik pasca diberlakukan peraturan otonomi daerah, yaitu besarnya diskriminasi pelayanan, tidak adanya kepastian pelayanan, dan rendahnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Permasalahan di dalam penelitian ini adalah apa hambatan-hambatan yang Bagaimana kondisi pelayanan UPTD PUSKESMAS Mulyorejo sekarang ini, hasil pengukuran kepuasan masyarakat untuk berbagai jenis pelayanan yang diberikan, serta upaya untuk mengoptimalkan kinerja pelayanan kesehatan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian campuran yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan survey serta kualitatif yang didasarkan pada informasi pihak-pihak terkait. Data primer adalah hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat serta hasil wawancara dengan Kepala UPT Puskesmas Mulyorejo, dilengkapi dengan dokumen-dokumen dan juga melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi pelayanan kesehatan pada UPT Puskesmas Mulyorejo Malang berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan kualitas dari tahun ke tahun, 2) tindakan responsif yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Mulyorejo adalah mengoptimalkan kemampuan tenaga medis yang telah dimiliki guna mengantisipasi perkembangan layanan kesehatan masyarakat melalui berbagai pelatihan dan diklat, dan 3) indeks kepuasan masyarakat yang diukur berdasarkan lima unsur kualitas pelayanan menghasilkan nilai konversi sebesar 75,545 yang berada pada kategori penilaian yang baik (rentang nilai 62,51 – 81,25) dengan mutu pelayanan C atau kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/94/051000593
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Mar 2010 14:10
Last Modified: 21 Oct 2021 15:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114704
[thumbnail of 051000593.pdf]
Preview
Text
051000593.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item