Peran Pemerintah Daerah Dalam Pembinaan Sosial”. (Studi tentang Peran DISPORASOSNAKER dalam Pembinaan anak Jalanan di Kota Batu)

EviNurindahSari (2010) Peran Pemerintah Daerah Dalam Pembinaan Sosial”. (Studi tentang Peran DISPORASOSNAKER dalam Pembinaan anak Jalanan di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul mengenai anak jalanan di Kota Batu. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah jumlah anak jalanan yang dari tahun ke tahun menunjukkan jumlah yang tetap serta dampak yang diakibatkan antara lain mengganggu ketertiban umum, merusak keindahan lingkungan dsb. Hal ini mengindikasikan bahwa Pemerintah Kota Batu kurang bersungguh-sungguh dalam menangani anak jalanan. Padahal seperti diketahui bahwa anak jalanan merupakan penyandang masalah sosial yang berhak mendapatkan perlindungan dari Pemerintah Kota Batu. Dengan permasalahan tersebut, maka yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah bagaimana usaha Pemerintah Kota Batu dalam memberikan perlindungan kepada anak jalanan khusunya dalam hal pembinaan sosial, kerjasama yang dilakukan dalam rangka pembinaan tersebut serta mengetahui permasalahan yang muncul dalam pembinaannya sehingga pembinaan yang diberikan ke depannya akan lebih berkualitas dan mampu menyelesaikan permasalahan yang selama ini terjadi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Batu selama ini hanya bertindak sebagai fasilitator dan ingin agar masyarakat ikut aktif dalam membantu menyelesaikan permasalahan ini tetapi tanpa diberikan fasilitas yang memadai sehingga pembinaan ini belum berjalan dengan baik, dan banyak terbentur oleh peraturan yang dibuat Pemerintah. Dari penelitian ini diketahui bahwa kerjasama yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Batu dalam memberikan pembinaan sosial adalah bersifat jejaring dengan lembaga-lembaga pemerintah lainnya, dan hal ini tidak berjalan dengan lancar, karena banyak dari dinas-dinas lain yang merasa bahwa masalah sosial bukanlah tanggungjawab mereka namun adalah tanggungjawab Bidang Sosial. Proses pembinaan sosial yang diselenggarakan juga belum sesuai dengan pedoman yang ditetapkan, karena ada beberapa program yang tidak dijalankan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka untuk memperbaiki proses pembinaan sosial yang dilakukan, perlu ditetapkan pengawasan dan kontrol terhadap lembaga yang bertanggung jawab atas anak jalanan oleh Pemerintah Kota Batu, sebuah program komunikasi yang efektif dapat digunakan untuk mengubah persepsi negatif masyarakat atas anak jalanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/78/051000456
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Mar 2010 10:47
Last Modified: 21 Oct 2021 15:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114688
[thumbnail of 051000456.pdf]
Preview
Text
051000456.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item