Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) : studi pada Kantor Pemerintahan Desa Wajak Lor Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung

AlinNovitasari (2010) Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) : studi pada Kantor Pemerintahan Desa Wajak Lor Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar rendahnya partisipasi masyarakat dalam penyusunan APBDes yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat karena pihak-pihak yang terlibat dalam setiap tahapan penyusunan APBDes hanya pemerintah desa dan BPD. Masyarakat awam di luar kedua lembaga tersebut tidak dilibatkan, padahal dalam masa reformasi ini sangat menjunjung tinggi keterbukaan dan partisipasi masyarakat. Untuk itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyusunan APBDes. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam mekanisme penyusunan APBDes, masyarakat tidak dilibatkan dalam setiap rapat atau musyawarah karena pihak-pihak yang terkait menganggap LPM sudah mewakili masyarakat. Akibatnya partisipasi masyarakat semakin rendah. Maka dari itu diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyusunan APBDes. Dalam mekanisme penyusunan APBDes yang terlibat adalah pemerintah desa, BPD dan LPM. Anggota LPM ini dianggap sudah mewakili masyarakat karena masyarakat lebih suka menyampaikan segala usulannya kepada anggota LPM. Melihat cara berpartisipasi msyarakat yang melalui LPM dan BPD tersebut maka pertisipasi masyarakat di tempat penelitian tergolong sebagai partisipasi tidak langsung, dan karena yang berpartisipasi hanya sedikit dan setiap tahun orangnya selalu sama maka partisipasi masyarakat termasuk rendah. Untuk mengatasi itu semua pihak-pihak terkait khususnya pemerintah desa dan LPM melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyusunan APBDes yaitu pertama, melalui sambung lidah atau biasa disebut gethok tular antara kepala desa dan masyarakat serta kedua, sosialisasi anggota LPM melalui jamaah yasin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/60/051000376
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2010 10:19
Last Modified: 21 Oct 2021 14:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114670
[thumbnail of 051000376.pdf]
Preview
Text
051000376.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item