Upaya Peningkatan Pelayanan Publik di BUMN : studi pada PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk Unit Jiwan Kabupaten Madiun

HarlianAbimanyu (2010) Upaya Peningkatan Pelayanan Publik di BUMN : studi pada PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk Unit Jiwan Kabupaten Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik yang berkualitas, merupakan harapan masyarakat sebagai penerima layanan. Seiring perkembangan zaman, masyarakat pun semakin pandai dalam menilai suatu layanan. Masyarakat sebagai pengguna jasa akan selalu mencari penyedia jasa yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Demikian juga dengan BRI unit Jiwan yang fungsinya adalah sebagai penyedia jasa dalam bidang perbankan dan jasa keuangan baik berupa jasa tabungan maupun kredit kepada masyarakat, yang memiliki jaringan tersebar di hampir seluruh Indonesia. Sebagai BUMN BRI unit Jiwan memiliki misi sosial yaitu melayani kebutuhan seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu BRI unit Jiwan harus selalu meningkatkan pelayanannya dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat serta untuk bertahan di tengah persaingan dengan penyedia jasa keuangan maupun lembaga keuangan bukan bank milik swasta. Pelayanan yang diberikan oleh BRI unit Jiwan merupakan suatu yang sangat diperlukan oleh seluruh pengguna jasa perbankan khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Jiwan dan Kabupaten Madiun pada umumnya. BRI unit Jiwan harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan merasa puas dengan apa yang diberikan oleh BRI unit Jiwan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan laporan penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan metode ini didasarkan anggapan bahwa metode inilah yang tepat untuk menjangkau , menjelaskan dan menggambarkan segala permasalahan dengan lebih mendalam dan sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh Faisal (1990, h. 15) mengenai penelitian deskriptif adalah suatu penelitian yang berupaya untuk mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya sehingga hanya akan mengungkapkan fakta-fakta serta tidak menggunakan dan tidak melakukan pengujian hipotesa. Upaya BRI unit Jiwan dalam meningkatkan pelayanan publik melalui peningkatan SDM, sarana dan prasarana sudah dilakukan secara maksimal. Walaupun masih ditemui adanya kekurangan, tetapi BRI unit Jiwan berusaha semaksimal mungkin mengatasinya agar pemberian pelayanan kepada masyarakat dapat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Sebagai hasil dari upaya peningkatan pelayanan publik melalui peningkatan SDM adalah dengan minimnya permasalahan yang dihadapi oleh para pegawai BRI unit Jiwan dan makin baiknya peningkatan kualitas pelayanan publik yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Dengan semakin baiknya pelayanan kepada masyarakat, maka masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan semakin puas, dan upaya BRI unit Jiwan dalam meningkatkan pelayanan publik dapat berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/55/051000372
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2010 10:29
Last Modified: 21 Oct 2021 14:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114667
[thumbnail of 051000372.pdf]
Preview
Text
051000372.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item