Peranan kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai negeri sipil : studi pada Kantor Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri

GunawanArifWibowo (2010) Peranan kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai negeri sipil : studi pada Kantor Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peran kepemimpinan merupakan unsur yang penting di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi publik. Karena secara umum bila kita berbicara mengenai para pemimpin dengan kepemimpinannya, kita selalu dihadapi oleh dua kata kunci, yaitu “pemimpin” dan “kepemimpinannya”. Kepemimpinan merupakan fungsi kolektif. Fungsi kolektif dalam hal ini berarti penampilan yang integrative dari daya-upaya kelompok itu akan selalu dikaitkan dengan masalah kelompok dan tujuan kelompok. Penilitian ini mengandung maksud untuk menguraikan apa saja hal hal yang berkaitan dengan peranan kepemimpinan yang dilakukan oleh camat mengennai bagaimana seorang pimpinan dalam melaksanakan fungsinya untuk mengatur pegawai negeri dengan situs penelitian yang berada di lingkungan kantor kecamatan Grogol kabupaten Kediri. Pada penelitian ini lebih mengacu pada bagaimana peranan kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai negeri sipil di kantor kecamatan dan apa saja yang menjadi hambatan dan bagaimana untuk mengtasi hal tersebut. Berlatar belakang dari perumusan penelitian tersebut, tujuan yang diharapkan adalah untuk menggambarkan hambatan hambatan apa saja yang dihadapi oleh pimpinan dalam meningkatakan kinerja pegawai yang merupakan bawahannya tersebut.Adapun metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang berarti memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat tentang peranan kepemimpinan yang ada untuk kemudian dapat diambil kesimpulan dan dapat digeneralisasikan dari hasil temuan tersebut. Sedangkan analisa yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan model penelitian interaktif yang berarti bersinggungan dengan proses, siklus dan interaksi diantara kegiatan reduksi Dalam penelitian ini hasil yang dapat ditemukan dalam peranan kepemimpinan di kantor kecamatan Grogol kabupaten Kediri banyak memberikan manfaat berarti, terutama dalam menambah , memperdalam pemikiran secara ilmiah dan logis, dan di lain pihak dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi kantor kecamtan Grogol kabupaten Kediri. Sehingga kesimpulan dari peranan kepemimpina yang terdapat di lingkungan kantor kecamatan Grogol kabupaten Kediri dapat berjalan dengan baik, namun demikian masih perlu adanya kesinambungan yang harus ditingkatkan secara intensitasnya perlu mendapatkan perhatian lebih dari semua pihak agar dimengerti, dipahamidan dilaksanakan sebaik mungkin dalm kapasitas menjalankan tugas pemerintahan secara efektif dan efisien, meskipun ada beberapa hambatan yang memerlukan perhatian guna pemecahan masalah yang dihadapi. Maka dari itu dalam kepemimipinan dalam kantor kecamatanperlu adanya kesinambungan yang terbentuk secara terus menerus sesuai dengan norma, standar dari prosedur yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/54/051000371
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2010 10:20
Last Modified: 21 Oct 2021 14:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114666
[thumbnail of 051000371.pdf]
Preview
Text
051000371.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item