Pradana, GatuAdie (2010) Manajemen pelayanan kesehatan untuk keluarga miskin (Studi pada Puskesmas Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kesehatan merupakan salah satu hak asasi masyarakat sebagai warga negara yang paling dasar. Oleh karena itu, pelayanan kesehatan melalui Rumah Sakit dan Puskesmas merupakan salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat sehingga perannya sangat vital bagi ketersediaan dan keberlangsungan pelayanan kesehatan di masyarakat. Puskesmas Bantur Kecamatan Bantur merupakan salah satu dari ujung tombak pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan tingkat pertama kepada masyarakat. Puskesmas Bantur bertanggung jawab atas pelayanan kesehatan di Kecamatan Bantur dengan luas ±80.577,22 km 2 dan jumlah penduduk ±34.048 jiwa. Dengan cakupan wilayah pelayanan yang cukup luas dan penduduk yang cukup banyak ditambah lagi dengan taraf ekonomi masyarakat yang berasal dari kalangan menengah kebawah, maka Puskesmas Bantur dituntut untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang dapat diakses dan terjangkau bagi semua masyarakat terutama masyarakat miskin. Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Bantur tergantung dengan manajemen pelayanan yang diterapkan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan prinsip-prinsip manajemen sebagai indikator apakah pelayanan yang diterapkan sesuai dengan konsep manajemen. Selain itu, teori New Public Service akan peneliti gunakan sebagai pisau analisis dalam melihat pelaksanaan pelayanan kesehatan dan program-program pro masyarakat miskin yang ada di Puskesmas Bantur. Selain itu, Street Level Bureaucracy Theory juga peneliti gunakan sebagai pelengkap dalam menganalisis fenomena-fenomena yang ada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah manajemen pelayanan yang diterapkan Puskesmas Bantur, kualitas kesehatan masyarakat atas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Bantur, dan faktor pendukung dan penghambat pelayanan kesehatan di Puskesmas Bantur. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan alat tulis-menulis. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2010/508/ 051103006 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 03 Aug 2011 09:39 |
Last Modified: | 03 Aug 2011 09:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |