Upaya Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) (Study Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tulungagung).

Wijayanti, Atik (2010) Upaya Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) (Study Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya persoalan tenaga kerja Indonesia (TKI), yang ternyata tidak hanya berkaitan dengan perlakuan tidak wajar ketika bekerja di luar negeri. Tetapi, sejak dari Tanah Air, mereka sudah mengalami pelayanan yang memprihatinkan. Pelayanan pengurusan dokumen calon TKI kurang profesional. Tidak digunakan sistem antrean, tak ada loket pelayanan, tidak ada tanda terima berkas, serta informasi dan sarana pelayanan yang kurang memadai, serta pelayanan yang menyangkut peningkatan kualitas calon TKI juga belum dilaksanakan dengan sepenuhnya. Bagaimana proses pelayanan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tulungagung dalam meningkatkan pelayanan calon TKI, faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam meningkatkan pelayanan publik serta upaya apa saja yang dilakukan Disnakertrans dalam meningkatkan pelayanan calon TKI di Kabupaten Tulungagung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pelayanan Dinas Tanaga Kerja dan transmigrasi Kabupaten Tulungagung menunjukan adanya kelayakan standarisasi dari pelayanan publik dan sesuai dengan peraturan BNP2TKI tahun 2007 dan Keputusan Menteri Tanaga Kerja dan Transmigrasi tahun 2003 yakni harus berusia minimal 18 tahun dan mendapat surat persetujuan dari orang tua, serta sehat jasmani dan rohani dan harus mengikuti pelatihan ketrampilan dan memenuhi semua persyaratan-persyaratan yakni pertama medical Chek – Up, meliputi ; surat Pengantar dari PT, Biaya Medical Rp. 300.000,-, kedua, persyaratan Pembuatan Pasport, meliputi ; KTP ( Asli ), STTB ( Asli ), Akte Kelahiran / Surat Kenal Lahir ( Asli ), Kartu Keluarga / C1 ( Asli), dan Pas Photo Berwarna Beckground Merah Ukuran 4×6=15 Lembar, serta Biaya Pasport Rp. 500.000,-, ketiga, Persyaratan Lainnya, meliputi ; Surat Ijin Orang Tua / Suami / Istri, Rekening Bank Atas Nama TKI, dan Materai Rp. 6000,- 2 Lembar. Disnakertrans Kabupaten Tulungagung dalam melakukan pelayanan terhadap calon TKI sering mengalami hambatan-hambatan, baik internal maupun eksternal. Adapun hambatan internalnya antara lain kondisi kwalitas aparatur pemerintah kurang memahami sistem pelayanan terhadap proses calon TKI, adanya oknum yang melakukan pemalsuan terhadap dokumen calon TKI. Sedangkan hambatan eksternalnya adalah banyaknya PJTKI yang belum sejalan dengan Disnakertrans, sulitnya kontroling terhadap calo/tekong, minimnya kesadaran calon TKI untuk melapor ke pihak Dinas, serta minimnya keterlibatan tokoh dalam mengawal calon TKI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/507/ 051103005
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Aug 2011 09:31
Last Modified: 03 Aug 2011 09:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114658
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item