Analisis Implementasi Restrukturisasi Kredit dalam Upaya Meminimalisir Non Performing Loan (NPL) (Studi Kasus pada Restrukturisasi KPR PT Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang).

Cahyani, AnggunDieta (2010) Analisis Implementasi Restrukturisasi Kredit dalam Upaya Meminimalisir Non Performing Loan (NPL) (Studi Kasus pada Restrukturisasi KPR PT Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintah berupaya untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur bagi rakyatnya, sesuai amanat Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Namun sampai saat ini masyarakat masih kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk kebutuhan akan tempat tinggal. Salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menunjuk PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk sebagai Bank dengan fokus di bidang Perumahan Rakyat. Hal tersebut berdasarkan SK Menteri BUMN No. S-554/M-MBU/2002 tanggal 21 Agustus 2002. Perbankan adalah suatu lembaga kepercayaan yang melakukan kegiatan dengan melibatkan dana masyarakat, oleh karena itu pihak perbankan diharapkan dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan sebaik-baiknya dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian ( prudencial ). Kredit dalam kegiatan perbankan merupakan kegiatan utama, karena pendapatan terbesar dari usaha bank berasal dari pendapatan kegiatan kredit, yaitu bunga dan provisi. Walaupun kredit merupakan sumber pendapatan terbesar bank, namun kredit juga dapat menjadi sumber masalah karena setiap pemberian kredit mengadung risiko tidak terbayarnya kembali sebagian kredit yang telah disalurkan kepada masyarakat dan menjadi kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL). Upaya yang dilakukan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk khususnya Cabang Malang dalam mengatasi NPL adalah melalui Pembinaan, Penyelamatan dan Penyelesaian Kredit. Tindakan penyelamatan kredit yang dilakukan dalam rangka meminimalisir NPL Kredit pemilikan Rumah (KPR) adalah melalui implementasi restrukturisasi kredit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi Restrukturisasi Kredit pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Malang serta menganalisis implementasi restrukturisasi kredit dalam meminimalisir Non Performing Loan (NPL) khususnya KPR pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah implementasi restrukturisasi kredit yang meliputi jenis dan tahap-tahap Restrukturisasi Kredit, khususnya restrukturisasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang dilakukan oleh PT. Bank Tabungan Negara (persero) Tbk Cabang Malang. Selain itu kondisi NPL sebelum dan sesudah restrukturisasi kredit. Cara penanganan NPL oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Malang terdiri dari pembinaan, penyelamatan dan penyelesaian Kredit. Salah satu bentuk penyelamatan kredit pemilikan rumah yang dilakukan adalah melalui restrukturisasi kredit. Terdapat beberapa pola restrukturisasi kredit pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Malang, diantaranya dengan penjadwalan ulang (PUL), penundaan pembayaran kewajiban (grace period) , alih

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/498/ 051102024
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 May 2011 11:09
Last Modified: 14 Feb 2022 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114651
[thumbnail of 1_cover,_dsb.pdf]
Preview
Text
1_cover,_dsb.pdf

Download (625kB) | Preview
[thumbnail of 2_BAB_I_sd_BAB_V.pdf]
Preview
Text
2_BAB_I_sd_BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item