Implementasi Program Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah : studi tentang Peraturan Daerah Nomor 19 Tahun 2007 tentang Penyertaan Modal melalui Program Pemberdayaan kepada Koperasi, Usaha Mikr

Anwar, M.Khoirul (2010) Implementasi Program Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah : studi tentang Peraturan Daerah Nomor 19 Tahun 2007 tentang Penyertaan Modal melalui Program Pemberdayaan kepada Koperasi, Usaha Mikr. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan berdasar pada suatu fenomena mengenai program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) berupa penyertaan modal yang terjadi di Kota Kediri. Persoalan pemberdayaan UMKM merupakan suatu isu kebijakan yang sangat menarik untuk diperbincangkan sebab dalam persoalan ini terdapat banyak faktor-faktor yang menentukan keberhasilan implementasi kebijakan. Faktor-faktor keberhasilan implementasi menjadi sangat menarik untuk dijadikan bahan evaluasi dan pertimbangan baik oleh pemerintah kota Kediri maupun daerah dan kota lain dalam implementasi kebijakan pemberdayaan UMKM agar dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan. Implementasi kebijakan penyertaan modal bagi UMKM kota Kediri berdasar pada regulasi pemerintah yakni dalam Peraturan Daerah No.19 Tahun 2007 tentang Penyertaan Modal melalui Program Pemberdayaan kepada Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Kediri. Pelaksana kebijakan ini adalah melibatkan unsur pemerintah sebagai konseptor yaitu Pemerintah kota Kediri bersama dengan DPRD kota Kediri serta unsur teknis implementasi yaitu Tim Verifikasi, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Dinas KUKM) serta PD. Bank Daerah sebagai bank pelaksana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan bagaimana implementasi kebijakan Pemberdayaan UMKM melalui Penyertaan Modal dan apakah faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kebijakan Pemberdayaan UMKM melalui Penyertaan Modal di kota Kediri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah kota Kediri telah mengimplementasikan kebijakan pemberdayaan melalui penyertaan modal dengan baik sesuai Perda No.19 Tahun 2007 tentang Penyertaan Modal melalui Program Pemberdayaan kepada Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Kediri yaitu memberikan pelayanan yang baik dalam peminjaman modal bagi pelaku UMKM untuk memajukan usahanya kegiatan-kegiatan pokok meliputi : Sosialisasi kebijakan, Persyaratan pengajuan pinjaman modal UMKM, Tata cara pencairan dan pengembalian pinjaan modal. Tim Teknis Dinas, Tim Verifikasi, dan Bank Pelaksana sebagai actor pelaksana kebijakan juga telah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik. Namun implementasi kebijakan ini masih terdapat kekurangan yaitu terbatasnya jumlah dana, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana dalam implementasi kebijakan pemberdayaan UMKM melalui penyertaan modal, serta perlu adanya perbaikan isi atau konsep kebijakan agar lebih sesuai dengan yang terjadi di lapangan, sehingga perlu ada solusi untuk mengatasi masalah yaitu dengan menambahkan jumlah dana, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/49/051000366
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2010 09:14
Last Modified: 11 Nov 2021 03:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114642
[thumbnail of 051000366.pdf]
Preview
Text
051000366.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item