Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang).

Hazmi, FaizalRiza (2010) Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 147 orang yang merupakan karyawan tetap dari PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang, dengan jumlah sampel 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah teknik pengambilan sampel simple random sampling . Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dalam menganalisis digunakan program SPSS versi 12 for windows . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel bebas lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu prestasi kerja karyawan yang dapat dari nilai uji F dengan F hitung > F tabel yaitu 17,855 > 3,15 dan dengan nilai (sig) F < α yaitu 0,000 < 0,05 serta nilai R Square menunjukkan angka 0,385 yang berarti bahwa variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 38,5% terhadap prestasi kerja karyawan. Secara parsial yang dapat dilihat dari uji t pada nilai t tabel (α = 0,05 ; df residual = 57) menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja fisik (X 1 ) yang diamati memiliki hubungan yang positif dan pengaruh signifikan hal tersebut dilihat dari t hitung > t tabel (4,718 > 2,000) serta dengan tingkat signifikasi (0,000 < 0,05). Sedangkan variabel lingkungan kerja non fisik (X 2 ) memiliki hubungan yang positif dan pengaruh yang signifikan, hal tersebut dilihat dari t hitung > t tabel (3,720 > 2,000) serta dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial lingkungan kerja fisik (X 1 ) dan lingkungan kerja non fisik (X 2 ), sama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan. Namun meskipun sama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan, kedua variabel bebas yang membentuk lingkungan kerja, tersebut hanya mempunyai kontribusi terhadap prestasi kerja karyawan sebesar 38,5% yang berarti bahwa variasi prestasi kerja karyawan dapat dijelaskan oleh model regresi sebesar 38,5%, sedangkan sisanya sebesar 61,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini dengan pertimbangan variabel-variabel lainnya. Variabel lain disini yang dimaksud yaitu motivasi, kemampuan, dan kesempatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/479/ 051101715
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 May 2011 09:00
Last Modified: 13 May 2011 09:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114630
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item