Pengaruh Corporate Social Responsibiliy (CSR) Terhadap Citra Perusahaan. (Survai pada Karyawan yang Bertempat Tinggal di Sekitar PT. H.M Sampoerna Surabaya)

Ramadhani, AlidaNuril (2010) Pengaruh Corporate Social Responsibiliy (CSR) Terhadap Citra Perusahaan. (Survai pada Karyawan yang Bertempat Tinggal di Sekitar PT. H.M Sampoerna Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan tidak lagi dihadapakan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line tetapi harus berpijak pada triple bottom line. Kondisi keuangan tidak cukup menjamin nilai perusahaan tumbuh secara berkelanjutan karena masyarakat maupun stackholder akan mempengaruhi aktiifitas perusahaan. Perusahaan juga menyadari bahwa tidak semua perusahaan social kemanusiaan dapat ditangani oleh pemerintah. Perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan yang dikenal dengan corporate social responsibility (csr). CSR merupakan salah satu strategi bisnis perusahaan yang berkaitan dengan kelangsungan usaha jangka panjang. CSR digunakan untuk mencapai triple bottom lines, yaitu laba social dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara bersama-sama maupun secara parsial antara CSR terhadap citra perusahaan pada karyawan yang bertempat tinggal dilingkungan sekitar PT. H.M Sampoerna yaitu yang berlokasi di daerah Kali Rungkut Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian penjelasan ( explainatory research ), dengan menggunakan data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bertempat tinggal di sekitar perusahaan yaitu sebanyak 97 orang dewasa yang dijadikan sample penelitian adapun taknik analisis data yang digunakan adalah linier berganda. Hasil analisi regresi menunjukan bahwa variable-variable dalam konsep CSR yang terdiri dari community development (X1), employee relation (X2), product (X3) secara simultan mempunyai pengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap citra perusahaan. Employee relation (X2) merupakan variable yang mempunyai pengaruh lebih besar dan dominan terhadap variable citra perusahaan (Y) dengan nilai koefisien regresi 0,176. Berdasarkan penelitian ini pula diketahui bahwa variable citra perusahaan (Y) dipengaruhi sebesar 66,2% oleh variable-variable CSR, sedangkan sisanya sebesar 33,8% dipengaruh oleh variable-variable lain. Kesimpulan penelitian ini adalah karyawan mempunyai persepsi yang baik terhadap kegiatan CSR perusahaan dan citra perusahaan PT. H.M Sampoerna. Walaupun masih ada kegiatan CSR yang dipandang masih kurang mendapatkan perhatian warga, tetapi secara keseluruhan tanggapan penduduk dan karyawan terhadap CSR perusahaan sudah baik sehingga citra perusahaan PT. H.M Sampoerna mendapat persepsi yang baik dimata penduduk dan karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/470/ 051101707
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 May 2011 13:30
Last Modified: 12 May 2011 13:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114617
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item