Analisis Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Kepuasan Nasabah : Survai Pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Kantor Cabang Pembantu Universitas Brawijaya Malang.

Zainurrafiqi (2010) Analisis Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Kepuasan Nasabah : Survai Pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Kantor Cabang Pembantu Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan semakin berkembangnya perekonomian, persaingan dalam industri jasa juga semakin ketat. Hal itu menuntut produsen jasa untuk memberikan pelayanan yang prima. Begitu juga dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Kantor Cabang Pembantu Universitas Brawijaya Malang, sebagai salah satu badan usaha yang bergerak di bidang jasa harus mampu memberikan pelayanan yang prima kepada nasabahnya, agar para nasabah memperoleh kepuasan dari pelayanan yang diberikan. Jadi jasa pelayanan yang diberikan oleh pihak bank dalam menghadapi nasabah harus mencakup variabel pelayanan prima yaitu kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, tanggung jawab dan kenyamanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari variabel pelayanan prima terhadap kepuasan nasabah, baik secara simultan maupun secara parsial serta variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan nasabah. Variabel pelayanan prima yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, tanggung jawab dan kenyamanan, yang kemudian dijabarkan menjadi indikator dan beberapa item variabel. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori yang merupakan penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Hipotesis H a1 bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pelayanan prima ( service excellence ) yang terdiri dari kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, tanggung jawab dan kenyamanan secara simultan terhadap kepuasan nasabah. Hipotesis H a2 bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pelayanan prima ( Service Excellence ) yang terdiri dari kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, tanggung jawab dan kenyamanan secara parsial terhadap kepuasan nasabah. Hipotesis H a3 bahwa terdapat diantara variabel pelayanan prima (service excellence) yang terdiri dari kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, tanggung jawab dan kenyamanan yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan mengambil sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling . Berdasarkan analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda dapat diketahui bahwa variabel kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, tanggung jawab dan kenyamanan mampu memberikan pengaruh terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien determinas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/464/051100151
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Feb 2011 10:13
Last Modified: 21 Oct 2021 14:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114608
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TANDA_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
TANDA_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item