Upaya Peningkatan Pelayanan Kependudukan di Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo : Studi pada Pelaksanaan Pelayanan KTP Online di Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.

EliyNormaningtyas (2010) Upaya Peningkatan Pelayanan Kependudukan di Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo : Studi pada Pelaksanaan Pelayanan KTP Online di Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Administrasi kependudukan adalah salah satu bentuk administrasi dasar yang harus diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah. Pada tahun 2008, Kabupaten Ponorogo telah mendapatkan Otonomi Awards di bidang pelayanan administrasi dasar yang diselenggarakan oleh The Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (JPIP). Penghargaan ini diberikan atas inovasi Kabupaten Ponorogo dalam menyelenggarakan pelayanan administrasi kependudukan, yaitu KTP, secara online . KTP merupakan bukti bahwa seseorang adalah penduduk suatu negara, maka di dalam pembuatannya haruslah melalui tahapan-tahapan yang benar dan jelas. Sebab KTP memiliki peran yang sangat penting di setiap aspek kehidupan masyarakat. Karena fungsinya yang sangat strategis, mendapatkan KTP seharusnya merupakan hak masyarakat yang tidak boleh dipersulit termasuk diuangkan. Namun, pada kenyataannya proses pengurusan KTP justru menjadi hal yang “favorit” untuk dipersulit oleh aparatur pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan kependudukan di Kecamatan Jenangan, untuk mengetahui alasan masyarakat masih mengeluhkan pelayanan kependudukan di Kecamatan Jenangan, dan untuk mengetahui upaya Pemerintah Kecamatan Jenangan dalam menyelesaikan berbagai keluhan masyarakat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, melakukan observasi, serta mencari dokumen-dokumen yang terkait. Fokus dari penelitian ini adalah: (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan publik di Kecamatan Jenangan, (2) Pengaduan masyarakat atas pelayanan publik di Kecamatan Jenangan, dan (3) Upaya Pemerintah Kecamatan Jenangan menyelesaikan keluhan masyarakat tersebut. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa masyarakat menilai pelayanan kependudukan di Kecamatan Jenangan belum bagus ditinjau dari prosedur pelayanan yang berbelit-belit, waktu penyelesaian yang lama, tarif yang tidak sesuai dengan Standar Pelayanan Publik, sarana dan prasarana yang tidak memadai, dan tingkat kompetensi petugas pemberi pelayanan yang masih rendah. Sementara itu, Pemerintah Kecamatan Jenangan telah berupaya maksimal untuk menyelesaikan keluhan masyarakat tersebut. Namun, mereka terkendala oleh factor Sumber Daya Manusia (SDM), keuangan (finansial), dan kurangnya koordinasi antara pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten. Terkait dengan hal di atas, saran yang diberikan yaitu: (1) Perbaikan Standar Pelayanan, (2) Pengembangan Standard Operating Procedures (SOP), (3) Pengembangan survey kepuasan pelanggan, (4) Pengembangan sistem pengelolaan pengaduan, (5) Restrukturisasi birokrasi, (6) Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, dan (7) Pemberian kemandirian pada unit pelaksana pelayanan di kecamatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/462/051100149
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Feb 2011 09:36
Last Modified: 21 Oct 2021 13:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114606
[thumbnail of 051100149.pdf]
Preview
Text
051100149.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item