ArifAfriyanto (2010) Efektifitas Sistem Informasi dan Komunikasi Publik Dalam Penyampaian Informasi Kepada Masyarakat : Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pembangunan merupakan langkah atau upaya untuk mencapai suatu perubahan kearah yang lebih baik. Upaya yang dilakukan didalam memenuhi sasaran dan tujuan pembangunan adalah dengan mengembangkan sistem kelembagaan yang berfungsi sebagai alat agar tujuan dan sasaran tersebut dapat berfungsi secara efektif dan efisien. Manajemen pembangunan yang dilakukan adalah dengan mensinergiskan atau mengkoordinasikan seluruh elemen yang ada untuk bekerjasama didalam mencapai tujuan bersama. Untuk mewujudkan tujuan pembangunan, tanpa didukung oleh sistem informasi dan komunikasi publik yang memadai mungkin kemajuan tersebut kurang berjalan secara maksimal. Di beberapa daerah di Indonesia telah mengembangkan sistem informasi dan komunikasi publik untuk mendukung pelaksanaan pembangunan sehingga dari pengembangan yang dilakukan dapat membawa dampak yang cukup berarti. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektifitas sistem informasi dan komunikasi publik Pemerintah Kota Malang dalam penyampaian informasi kepada masyarakat dan apa faktor pendukung dan penghambat sistem informasi dan komunikasi publik Pemerintah Kota Malang dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Efektifitas sistem informasi dan komunikasi publik Pemerintah Kota Malang sebagai alat penyampaian informasi kepada masyarakat, antara lain: a) Peningkatan dan pengembangan pelayanan informasi dan komunikasi, b) Pengembangan sistem jaringan informasi antar-SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kota Malang, c) Pelaksanaan penyampaian informasi kepada masyarakat, 2) Faktor pendukung dan penghambat dari sistem informasi dan komunikasi publik Pemerintah Kota Malang sebagai alat penyampaian informasi kepada masyarkat, a) Internal terdiri dari; 1) Sumber daya manusia, 2) Sarana dan prasarana, 3) Keuangan, b) Eksternal terdiri dari ; 1) Masyarakat. Lokasi dalam penelitian ini adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang metode pengumpulan data adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknis analisis data menggunakan metode analisis data yaitu data reduction , data display , dan conclution drawing atau verification . Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: upaya yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang dalam penyampaian informasi kepada masyarakat dapat berjalan cukup efektif, akan tetapi kurang maksimal dalam memfungsikan media yang ada karena ada beberapa masyarakat tidak mengetahui penyampaian informasi yang dilakukan dan adanya media tersebut juga kurang diketahui bahkan difahami oleh masyarakat. Pada penilitian ini saran yang diberikan oleh penulis adalah; 1) Memberikan pelatihan teknis tentang pengelolaan data/komputersasi kepada pegawai sehingga dapat menjawab kebutuhan tentang kurangnya tenaga terampil/professional, memperbaiki mekanisme sistem birokrasi yang berbelit sehingga proses pelayanan informasi kepada masyarkat dapat berjalan dengan maksimal, serta memperbaiki mental pegawai yang masih rendah disiplin kerjanya dan memberikan pemahaman kepada pegawai agar memperbaiki mutu kinerjanya. 2) Mengoptimalkan pendanaan yang ada dengan melaksanakan prinsip efesiensi anggaran dan membuat kegiatan yang bermanfaat sehingga tercipta efektifitas dalam kinerja. 3) Mengoptimalkan media informasi dan komunikasi yang ada sehingga dapat tercapai tujuan yang telah ditentukan. 4) Memberikan rangsangan kepada masyarakat agar berperan aktif dengan melakukan sosialisasi secara terus-menerus dan memberikan pendidikan yang berbasis teknologi kepada masyarakat sehingga media informasi dan komunikasi yang ada dapat berjalan dengan optimal.
English Abstract
Development is a step or an attempt to achieve a change towards the better. Efforts made in meeting development goals and objectives is to develop a functioning institutional system as a means to these goals and objectives can function effectively and efficiently. Management development is by synergizing or coordinate all the elements that have to cooperate in achieving common goals. To achieve development objectives, without the support of information systems and adequate public communication may be the progress is less than maximal. In some areas of Indonesia has developed a public information and communication systems to support the implementation of development so that development can be a significant impact. The formulation of the problem in this research is how the effectiveness of public information and communication systems in Malang city government in disseminating information to the community and what factors supporting and public information and communication systems in Malang city government in disseminating information to the public. Types of research used in this research is descriptive research with a qualitative approach. The focus of this research are: 1) Effectiveness of public information and communication systems in Malang city government as an instrument disseminating information to the public, including: a) Improvement and development of information services and communications, b) Development of information network system of inter-SKPD (Local Instrument Unit ) Malang, c) Implementation of delivering information to the public, 2) supporting and inhibiting factors of public information and communication systems in Malang city government as an instrument disseminating information to the community, a) Internal consist of: 1) Human resources, 2) Facilities and infrastructure , 3) Finance, b) External consists of: 1) Community. Location in this research is the Office of Communications and Information Malang data collection method is to use interviews, observation and documentation. While Technical analysis of data using the method of data analysis is data reduction, data display, and conclution drawing or verification. Based on the results, it can be concluded that: efforts undertaken by the Office of Communications and Information Technology, Malang in disseminating information to society can be fairly effective, but not maximal in the functioning of existing media because some people do not know who carried out the delivery of information and the media are also poorly known even understood by the public. In this research the advice given by the writers are: 1) Provide technical training on data management / komputersasi to employees so that they can answer the needs of a lack of skilled workers / professionals., improve the mechanism of bureaucratic system that processes information service to the community can run with the maximum and improve the mental discipline of employees who are low and giving an understanding to work to improve the quality of employee performance. 2) Optimize the existing funding to implement the principle of efficiency of the budget and make worthwhile activities that will act as the effectiveness in performance. 3) Optimizing Media existing information and communication so that they can achieve goals that have been determined. 4) To provide stimulus to the community to play an active role by conducting continuous socialization, and providing technology-based education to the community so that information and communication media that anyone can run with optimal
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2010/434/051003567 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jan 2011 09:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 08:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114578 |
Preview |
Text
051003567.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |