RiniHandayani (2010) Pembangunan kapasitas kelembagaan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian yang berjudul "Pembangunan kapasitas kelembagaan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik pada dinas kependudukan dan catatan sipil kota pasuruan" ini berusaha untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pembangunan kapasitas yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pasuruan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pengembangan sumber daya manusia yang berfokus pada pasokan tenaga profesional dan teknis serta penguatan organisasi yang berfokus pada sistem manajemen untuk meningkatkan kinerja dari tugas dan fungsi spesifik. Penelitian skripsi ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimana peneliti berusaha untuk mendeskripsikan objek penelitian berdasarkan data dan fakta yang ada di lapangan, kemudian ditarik kesimpulan dan saran terhadap data dan fakta tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui,mendeskripsikan dan menganalisis upaya pembangunan kapasitas kelembagaan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pasuruan,(2)Untuk mengetahui,mendekripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan publik dalam pembangunan kapasitas kelembagaan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pasuruan, dan (3) Untuk mengetahui,mendekripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh upaya pembangunan kapasitas kelembagaan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pasuruan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembangunan kapasitas yang dilakukan Dispencapil dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik sudah dikatakan cukup maksimal. Ini terlihat dari pembagian kerja pada dispencapil yang sudah baik terlihat dari sebagian pegawai sudah ditempatkan pada posisi dan jabatan yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya, sebagian pegawai lainnya ada yang penempatannya tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, namun mereka sudah mengikuti diklat sesuai dengan posisi yang diberikan, sehingga meskipun latar belakang pendidikan mereka tidak sesuai dengan jabatannya, mereka bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan profesional.Dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota pasuruan, pelaksanaan pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pasuruan dapat dilihat dari macam-macam pelayanan publik yang diberikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, syarat-syarat pelayanan publik yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, waktu pelayanan yang diberikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, banyaknya biaya yang diperlukan dalam mengurus KTP, KK, dsb. Kemudian untukfaktor pendukung pelaksanaan pembangunan kapasitas kelembagaan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pasuruan yaitu kemampuan sumber daya aparatur yang memadai dan adanya undang-undang yang mengatur. Sedangkan untukfaktor penghambat pelaksanaan pembangunan kapasitas kelembagaan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pasuruan, antara lain minimnya jumlah pegawai pada bidang pelayanan publik serta sarana dan prasarana yang masih kurang. Dari hasil penelitian ini, maka peneliti dapat memberikan rekomendasi antara lainpembagian kerja pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pasuruan sudah sesuai dengan keahlian masing-masing individualnya, maka hal ini sebaiknya agar dipertahankan dengan tetap menggunakan prinsip "The Right Man in The Right Place". Pembagian kerja juga harus rasional/objektif, bukan emosional subyektif yang didasarkan atas dasar like and dislike. Kemudian pelayanan yang diberikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pasuruan masih belum maksimal apabila dilihat dari segi kecepatan dan ketepatan. Hal ini dikarenakan dari waktu yang dibutuhkan ketelitian dari pegawai dalam melaksanakan tugasnya. Maka diperlukan perbaikan dan koreksi lebih lanjut baik dari pegawai pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Solusinya yaitu sebaiknya sebaiknya pihak Dispencapil bisa lebih inisiatif, misalnya dengan memanfaatkan anak yang sedang magang di Dispencapil, mereka bisa membantu pekerjaan-pekerjaan pegawai disana agar waktu penyelesaiannya bisa lebih cepat selesai. Inisiatif lainnya misalnya dengan menyuruh pegawai di bidang lain yang sedang tidak sibuk untuk membantu pegawai lainnya agar pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Tetapi jika masih belum dapat meningkatkan kinerja pegawai, pihak Dispencapil sebaiknya memberikan sanksi terhadap pegawai yang tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan waktu yang ditentukan, misalnya dengan pemberian skors agar pegawai merasa kapok dan tidak mengulangi kesalahannya lagi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2010/432/051003565 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jan 2011 08:57 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 08:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114576 |
Preview |
Text
051003565.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |